PEMBENTUKAN OPINI POLITIK PEMUDA MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI DESA PANGAPARANG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pembentukan opini politik pemuda melalui media sosial tiktok di Desa Pangaparang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada peneliti tentang bagaimana pemuda menyikapi konten politik yang ada media social Tiktok. Penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling untuk menentukan informan. Selanjutnya, Sumber data diperoleh dari data primer yaitu data hasil wawancara dari 15 informan, sedangkan data sekunder adalah data pendukung yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penatikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan. informan hanya sekedar mengetahui politik di dalam lingkungan yang sangat sempit di karenakan media tiktok terkadang kurang jelas dalam memberikan tontonan. Serta usaha pemuda untuk mengetahui tentang tayangan politik di media tiktok kurang di akibatkan lebih banyak yang menarik di banding persoalan politik. Melalui dasar inilah di dalam melakukan berbagai strategi pada komunikasi politik yang ada di Tiktok dibutuhkan beberapa cara yang intensif dan juga dapat menunjang proses ditengah survei dengan semua bentuk pemberitaan di dalam menghadapi hal yang disebarluaskan melalui Tiktok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dailey, 2009, as cited in Jucaitytė & Maštinskienė, 2014.
Hamdan, 2019. Dialektika Wacana Islam dan Politik. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 2(1)
Isyanawulan & Hendarso, 2023. Pendidikan Literasi Politik Untuk Siswa SMA Negeri 25 Kabupaten Banyuasin. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 33-38.
Jauhari, (2023). “TikTok Jadi Media Sosial dengan Waktu Penggunaan Terlama, Lebih Dari 50 Menit per Hari”. data.goodstats.id. diakses 27 Februari 2024 melalui https://data.goodstats.id/statistic/tiktok-jadi-media-sosial-dengan-waktu-penggunaan-terlama-lebih-dari-50-menit-per-hari-V8ySw
Miles dan Huberman, 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.
Patilima, 2005. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Rakhmayanti, (2020, Februari 11). Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. Dipetik Januari 10, 2024, dari Sindonews.com: https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesiadidominasi-generasi-z-dan-y
Ruslan, 2007. Kiat dan Strategi Kampaye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
SOSEARCH: Social Science Educational Research. (2021). Social Science Educational Research, 2(1), 40-53. State University of Surabaya. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch
Wahyudi dan Sukmasari, (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/17444
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5479
Article Metrics
Abstract views : 123 times |
PDF - 65 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


