Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran PSI (Personalized System Of Instruction)

Lismayanti Jamal, Muhammad Assaibin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Matakali dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing dari 4 pertemuan termasuk tes di setiap akhir siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis pada akhir setiap siklus dan pengamatan aktivitas peserta didik dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif kuantitatif yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar matematika peserta didik pada tes awal menentukan tutor membimbing peserta didik yang belum memahami model pembelajaran sebelum PSI (Perzonalized System of Instruction) dan pada pada siklus I setelah model Pembelajaran PSI (Perzonalized System of Instruction), nilai rata-rata hasil belajar matematika yang dicapai oleh peserta didik adalah 59 sedangkan pada siklus II telah meningkat menjadi 86 dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PSI (Perzonalized System of Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


model pembelajaran PSI; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. 2001. Media Belajar Mengajar. Ciputat. Ciputat Pres.

Delima dan Arsyad :2005. Matematika Kontekstual.Rineka Cipta. Jakata.

Grant, Lyle K, Spancer, 2003. The Personalize

System Of Intruction: Review and. Applications to Distance Education. Jurnal. Athabasca university and canada’s open university

Hannon, James Conrad, dkk. 2008. Personalized

System of Intruction Model: Teaching Health – Releated Fitness Content in High Scholl Physical Education. Journal Curriculum and Instructions. University of Utah, Vol.2 Diunduh 7 Januari 2014.

Hartono Rudi. 2014.Ragam Model Mengajar yang mudah Diterima Murid.Diva Press. Jogyajakarta.

Kunandar. 2011. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi guru. Rajawali Pers. Jakarta

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marsigit. 2009. Matematika SMP Kelas VIII. PT Ghalia Indonesia Printing. Jakarta

Rizema Putra, Sitiatava. 2013. Desain Belajar Kreatif Berbasis Sains. DIVA Pers.Yogyakarta.

Suryasubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka cipta. Jakarta

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta

Suherman, Erman.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.550

Article Metrics

Abstract views : 173 times | PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter