Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Kurangnya motivasi siswa merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, oleh sebab itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu model learning cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model learning cycle. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah Wonomulyo sebanyak 28 orang, dengan jumlah siklus sebanyak 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar obeservasi aktivitas siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil pengamatan dalam proses pembelajaran siswa, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis skor hasil kemampuan mengerjakan tes soal matematika, dengan menggunakan model learning cycle menunjukan siswa cenderung aktif. Selain itu, berdasarkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang (57.14%) dengan nilai rata-rata 76,71 dan standar deviasi 20,41. Pada Siklus II diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 orang (92,86%) dengan nilai rata-rata 87,50 dan standar deviasi 10,80. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah Wonomulyo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Ratna, Nyoman Kutha. (2006). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung Setyono, B. et al. (2006). Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 6.0 CAI. Yogyakarta: Ardana Media. Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.552
Article Metrics
Abstract views : 125 times | PDF - 82 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.