Terakreditasi Nasional(SINTA 5) Berdasarkan SK. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 10/C/C3/DT.05.00/2025, tanggal 21 Maret 2025.
PENERAPAN NILAI SOLIDARITAS DAN TOLERANSI DALAM ORGANISASI PRAMUKA PADA SISWA MTS DDI BASSEANG
Sukadji Sarbi, Muhammad Muzani Zulmaizar, Safitiri Safitir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana nilai solidaritas dan toleransi diterapkan dalam Organisasi Pramuka di MTS DDI Basseang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan 8 responden, termasuk kepala sekolah, guru pembina, dan siswa. ditarik kesimpulan bahwa nilai solidaritas dan toeransi di dalam organisasi pramuka sangat baik terlihat dari setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik kegiatan mingguan bahkan bulanan sangat antusias bagi siswa yang aktif. Dalam kegiatan kepramuka nilai solidaritas dan toleransi yang diwujudkan dengan pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan dan kepedulian sudah diterapkan dengan baik.
Sandu, S., & Sodik, M.A, (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Djamari, (2016). Penanaman Sikap Gotong royong dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka SDN 3 Kronggen Grobogan. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Reiner Forst, (2017). Toleransi dalam Stanford Encyclopedia of Philosophy
Irwan, Bambang. (2018). Organisasi Formal dan Informal Tinjan Konsep.
Hardani, dkk (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaf .
Muh. Muzani Zulmaizar. (2020). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Pada Film Rudi Habibie Karya Hanung Bramantyo Menggunakan Teori Struktural.
Jaelani. (2021). Teori Organisasi. 09–20.
Pawitra Rah Adi Paulus, (Eds.) 2023 Pendidikan Kepramukaan.