Pengaruh Penalaran Kritis, Kreatif dan Mandiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Polewali

arfa munarfa, Febryanti Febryanti, Irfawandi Samad

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi suatu pemecahan masalah yang dengan ini melakukan analisis untuk mengetahui pengaruh penalaran kritis, kreatif dan mandiri terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana diambil secara random sampling dengan jumlah keseluruhan siswa kelas VII dari kelas VII A sampai kelas VII G sebanyak 263 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pemberian test berupa tes awal (pretest), test akhir (posttest), tes, angket serta lembar observasi aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan siswa. Berdasarkan datayang terkumpul menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial maka diperoleh nilai rata-rata kontrol adalah 87.70, lalu nilai rata-rata eksperimen adalah 79.84. berdasarkan uji homogenitas menggunakan uji levene untuk data signifikannya yaitu 0.297. oleh karena itu, nilai signifikan lebih besar dari 0.05 atau 0.297 > 0.05. sedangkan untuk nilai t tabel sebesar 2.052 yang berarti bahwa t hitung > t tabel yaitu 3.524 > 2.052. Dengan demikian bahwa Penalaran kritis, kreatif dan mandiri memiliki pengaruh yang simultan dimana nilai signifikansi sebesar 0.016 < 0,05 dan nilai F hitung 4.118 < F tabel 2,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1,X2 dan X3 secara simultan terhadap Y. pada pesertadidik kelasVII SMP Negeri4 Polewali

Keywords


Penalaran Kritis; kreati; Mandiri; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


ASMAWATI, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Febryanti, F., Samad, I., & Wendi, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Relating, Experiencing Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 479. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2733




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5546

Article Metrics

Abstract views : 149 times | PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/