Terakreditasi Nasional(SINTA 5) Berdasarkan SK. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 10/C/C3/DT.05.00/2025, tanggal 21 Maret 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi suatu pemecahan masalah yang dengan ini melakukan analisis untuk mengetahui pengaruh penalaran kritis, kreatif dan mandiri terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana diambil secara random sampling dengan jumlah keseluruhan siswa kelas VII dari kelas VII A sampai kelas VII G sebanyak 263 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pemberian test berupa tes awal (pretest), test akhir (posttest), tes, angket serta lembar observasi aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan siswa. Berdasarkan datayang terkumpul menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial maka diperoleh nilai rata-rata kontrol adalah 87.70, lalu nilai rata-rata eksperimen adalah 79.84. berdasarkan uji homogenitas menggunakan uji levene untuk data signifikannya yaitu 0.297. oleh karena itu, nilai signifikan lebih besar dari 0.05 atau 0.297 > 0.05. sedangkan untuk nilai t tabel sebesar 2.052 yang berarti bahwa t hitung > t tabel yaitu 3.524 > 2.052. Dengan demikian bahwa Penalaran kritis, kreatif dan mandiri memiliki pengaruh yang simultan dimana nilai signifikansi sebesar 0.016 < 0,05 dan nilai F hitung 4.118 < F tabel 2,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1,X2 dan X3 secara simultan terhadap Y. pada pesertadidik kelasVII SMP Negeri4 Polewali
ASMAWATI, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Febryanti, F., Samad, I., & Wendi, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Relating, Experiencing Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 479. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2733