Korelasi antara Penggunaan Media Gambar dalam Menulis Puisi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Luyo

Nur Hafsah Yunus, Sulihin Azis, Nursamsia Nursamsia

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang menghubungkan variabel satu dengan variabel lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi penggunaan media gambar dalam menulis puisi terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri Satu Atap Luyo berjumlah 43 orang, pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan sampel berjumlah 22 orang dikelas VII A. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson (Product Moment Pearson). Hasil ujihi potesis dengan menggunakan analisis korelasi pearson diperoleh hasil koefesien korelasi (rxy) nilai r sebesar 0,543 menunjukkanbahwa lebih besar dari pada (0,543 > 0,432) makadapat disimpulkan terdapat korelasi yang signifikan. Dan berdasarkan interprestasi nilai r, diperoleh rentang 0,40-0,599 dengan kategori (sedang), karena besarnya nilai r berdasarkan interprestasi berada pada kategori yaitu 0,543. Sehingga dapat disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima, yang menyatakan bahwa. Terdapat korelasi yang signifikan antara Media Gambar Dalam Menulis Puisi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar.


Keywords


korelasi; media gambar; menulis puisi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


A. Karim, Muchtar. (1996). Buku pendidikan Matematika 1. Malang: Depdikbud.

Aminuddin, 2012. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Arikonto, Suharismi. 2006. Presedur Penelitian. Jakarta: PT Asda Mahasatya.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdikbud. 2013. Garis-Gasir Besar Program Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Citra Adtya Bakti.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Endrawara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis Mengajar Sastra. Jakarta: kota Kembang.

Emzir. 2010. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasanuddin, T dkk. 2009. Kesastraan. Jakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

Hasnum. 2006. Pedoman Menulis Untuk Peserta didik SMP dan Sma. Yogyakarta: Andi off set.

Musthafa, Baharuddin. 2008. Teori dan Praktik Sastra. Jakarta: PT Cahaya Insan Sejahtera.

Irsat. 2017. Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Malunda. Fkip Unasman.

Linsar.2013. Peningkatan Hasil Belajar Bahas Indonesia Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving Pada Kelas VIIA SMP Negeri 2 Tandukalua. Fkip Unasman

Rahmanto. B. 2008. Metodologi Pengajaran Sastra Yogyakarta: Kanisius

Roekhan. 1991. Menulis, dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: YA3 Malang

Sadiman, Arief.S. dkk,. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiharto, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Anwar

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syafii’ ie. 2008. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Ankasa Bandung.

Tiro, Muhammad arif. 2010. Analisis Korelasi Regresi.Makassar: CV Andira Karya Mandiri

Tompkins, Gaill E. Jeung Kennet Hoskinson. 1991. Language Arts: Contentan Teaching Strategies. New York. Macmillan Publisisng Company.

Wellek, Rene Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winarsunu, Tulus. 2007. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang. UPT Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Winaputra, Udin. S. 2008. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yunus, Syariffuddin. 2015. Menulis Kreatif. Bogor: Glalia Indonesia

Yunus, umar. 2011. Resepsi Sastra. Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia

Zain,Aswan. 2002. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.562

Article Metrics

Abstract views : 150 times | PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.