Penerapan Etnomatematika Perahu Sandeq untuk Menumbuhkan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VIII B SMP Negri 1 Wonomulyo

Juhardi Juhardi, Febryanti Febryanti, Nuraimah Suharto

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research)  yang bertujuan untuk mengetahui penerapan etnomatematika Perahu Sandeq untuk Menumbuhkan Koneksi Matematis Siswa pada materi Bangun Datar dengan berdasarkan kriteria efektivitas pembelajaran, seperti pencapaian hasil belajar siswa, partisipasi siswa dalam aktivitas, pelaksanaan pembelajaran, dan tanggapan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonomulyo mengalami peningkatan hasil belajar setiap siklusnya. Pada pra tindakan, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 63,00, kemudian meningkat menjadi 69,82 pada siklus I, dan 85,91 pada siklus II. Aktivitas guru juga meningkat dari 76,31% pada siklus I menjadi 84,21% pada siklus II. Sementara itu, aktivitas siswa mengalami peningkatan signifikan dari 53,13% pada siklus I menjadi 84,66% pada siklus II, berpindah dari kategori cukup menjadi sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui Perahu Sandeq juga sangat positif, mencapai 89,55%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika efektif diterapkan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonomulyo.


Keywords


Etnomatematika; Bangun datar; Perahu Sandeq;

Full Text:

PDF

References


Arruanlebok, H., Febryanti, F., & Sahabuddin, C. (2024, January). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 5, No. 1, pp. 317-321).

Asliana, A. (2017). Penerapan Konsep Pembelajaran Tematik Pada Pelajaran Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 1(3), 434-438.

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Herdianti, I. A. H., & Amelia, T. (2022). Etnomatematika: Konsep matematika pada kue lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-256.

Hardiati, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8 (2), 99-110.

Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan model pembelajaran nht untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240-250.

Muin, R., Azimah, N., & Suharto, N. (2024, June). Strategi Pemasaran Produk Minuman Melalui Jasa Brand Ambassador dalam Etika Bisnis Islam. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 6, No. 1, pp. 347-350).

Normina, N. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17-28.

Pathuddin, H., & Nawawi, M. I. (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko Cake Explorations as Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295-312.

Rijal, S. (2019). Book-Potensi Sejarah Dan Budaya Mandar Dalam Perspektif Pariwisata. Politeknik Pariwisata Makassar.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Binis. Jakarta: Airlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5627

Article Metrics

Abstract views : 50 times | PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.