Perangkingan Peserta Didik Menggunakan Sistem Penunjang Keputusan Berbasis Aplikasi dengan Pendekatan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)
Abstract
Kegiatan evaluasi hasil belajar diperlukan suatu penentuan peringkat siswa sebagai bagian dalam evaluasi pendidikan. Masalah yang ditemukan di beberapa sekolah saat ini, di tingkat wali kelas mengalami kesulitan dalam menetukan perangkingan karena banyaknya siswa dan waktu yang tersedia untuk menentukan perangkingan, setelah pelaksanaan Ujian Semester cukup singkat. Penentuan rangking secara manual juga memicu terjadinya kesalahan terhadap hasil rangking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process dalam Aplikasi pendukung keputusan yang berfungsi untuk menentukan rangking peserta didik. Kegiatan penelitian ini dilakukan di MTs DDI Manding. Dalam menentukan perankingan digunakan tiga kriteria yaitu nilai kompetensi pengetahuan, nilai kompetensi, sikap, dan nilai kompetensi keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dirancang dapat memberikan rekomendasi perangkingan yang sesuai dan lebih cepat serta lebih dinamis dibanding cara manual yang saat ini banyak diterapkan. Selain itu hasil observasi menunjukkkan bahwa penggunaan Aplikasi dengan pendekatan Sistem Penunjang Keputusan menggunakan perhitungan Fuzzy Analytical Hierarchy Process memberikan kemudahan kepada pihakwali kelas dalam mementukan rangking peserta didik.
Perangkingan Peserta Didik Menggunakan Sistem Penunjang Keputusan Berbasis Aplikasi dengan Pendekatan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astin, A. W. (2012). Assessment for excellence: The philosophy and practice of assessment and evaluation in higher education. Rowman & Littlefield Publishers.
Eka Muhammad, Nerfika Nikentari, Sulfikar Sallu, (2014). Analisis Penggunaan Metode AHP dan Fuzzy AHP Pada Perangkingan Siswa, Tanjung Pinang.
Fitriana, A. N., Harliana, H., & Handaru, H. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS. Creative Information Technology Journal, 2(2), 153-164.
Karunika, T., & Sudana, I. M. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Peringkat Siswa Berdasarkan Nilai Hard Skill Dan Soft Skill. Edu Komputika Journal, 2(1).
Mertens, D. M. (2014). Research and evaluation in education and psychology: Integrating diversity with quantitative, qualitative, and mixed methods. Sage publications.
Muchtar, H. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 68–76.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.567
Article Metrics
Abstract views : 565 times | PDF - 219 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.