DAMPAK GAME ONLINE PADA DI SMA NEGERI 2 POLEWALI

Agustinus Pappang, Muhammad Anwar, Sitti Sohorah

Abstract


Adapun masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana dampak game online pada remaja  di SMA NEGERI 2 POLEWALI?”dan tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan “Dampak Game Online Terhadap Hipertensi Remaja di SMA Negeri 2 Polewali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan instrument observasi dan wawancara serta teknik dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini yang berkaitan dengan masalah penelitian yang berusaha mengungkapkan dan mendeskripsikan dampak game online terhadap hipertensi remaja  di SMA Negeri 2 Polewali, yaitu: (1) remaja (peserta didik) telah mengalami gejala kecanduan bermain game online; (2) remaja (peserta didik) kesulitan untuk mengendalikan dorongan untuk selalu bermain game oneline; (3) perasaan tegang atau gelisah jika tidak bisa bermain (memicu sakit kepala dan pusing yang mengarah pada gejala hipertensi); (4) remaja (peserta didik) menggunakan waktu yang berlebihan untuk bermain game online; (5) dari 45 peserta didik sebagian kecil saja yang memiliki gejala hipertensi di SMA Negeri 2 Polewali, Polewali walaupun sebagian besar telah kecanduan bermain game online.

 

 


Keywords


Game Online, Hipertensi, Remaja

Full Text:

PDF

References


Bimban, T., & Sohorah, S. (2024, January). Hubungan Kebiasaan Makan dan Tingkat Stres dengan Status Gizi Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Mahasiawa Fakuktas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 5, No. 1, pp. 413-417).

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online TerhadapPerilakuPeserta didik Di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1-10.

Kustiawan, A. A., Or, M., Utomo, A. W. B., & Or, M. (2019). Jangan suka game online: Pengaruh game online dan tindakan pencegahan. Cv. Ae Media Grafika

Marlianti, D. (2015). Hubungan kecanduan bermain game online dengan pola tidur dan motivasi belajar anak usia 10-12 tahun di SD Mattoangin 2 Kecamatan Mariso kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Notoatmodjo, Soekijo.2012. Promosi kesehatan Dan Perilaku Kesehatan , Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo S. (2020). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosmawati, R., Anwar, M., & Liliandriani, A. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Kualitas Tidur Remaja di SMK Soeparman Wonomulyo. Journal Peqguruang, 1(1), 1-5.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online TerhadapRemaja. JurnalCurere, 1(1)

Saing, J. H. (2016). Hipertensi pada remaja. Sari Pediatri, 6(4), 159-65.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WHO. 2018. Global Health Estimates 2016: Deaths by Cause, Age, Sex, by Country and by Region, 2000-2016. Geneva: World Health Organization




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5678

Article Metrics

Abstract views : 119 times | PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/