PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RAMBU JALAN BERBASIS WEB PADA SD

Ashabul Kahfi, Ahmad Ramlan, Akhmad Qashlim

Abstract


Pengembangan media pembelajaran rambu jalan berbasis web yang dirancang khusus untuk siswa Sekolah Dasar. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang keselamatan lalu lintas melalui pendekatan yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metodologi desain iteratif, melibatkan guru dan siswa dalam proses evaluasi untuk memastikan keefektivitasan konten dan interaktivitas platform. Media pembelajaran yang dikembangkan mengintegrasikan elemen-elemen multimedia seperti video, gambar, animasi, dan kuis interaktif, yang semuanya dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan memfasilitasi pemahaman mendalam tentang materi. Evaluasi awal menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media pembelajaran ini mengalami peningkatan signifikan dalam pengetahuan tentang rambu jalan dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Selain itu, media ini juga diterima dengan baik oleh para guru sebagai alat pendukung kurikulum yang efektif dan mudah digunakan.


Keywords


Media Pembelajaran, Keselamatan Lalu Lintas

Full Text:

PDF

References


Development, A. R.-J. of S. R. and, & 2023, undefined. (n.d.). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas pada Anak Sekolah Dasar Negeri 27 kinali. idm.or.id. Diambil 1 Agustus 2024, dari

Fadhilah, M., Engineering, M. R.-I. and C., & 2022, undefined. (2022). Sistem Informasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Anak-Anak (Siperlu) Berbasis Web. 103.75.24.116, 2.

Lestari, D., Zaman, W., Ilmiah, F. W.-P. J., & 2023, undefined. (n.d.). PENGEMBANGAN Aplikasi Accesible Berbasis Android Materi Alat-Alat Transportasi Untuk Siswa Kelas Iii Sdn Singonegaran 1 Kota.

Linda, L., Hidayati, A., Informasi, A. M.-J. S., & 2023, undefined. (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Sebagai Media Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. e-jurnal.stmikbinsa.ac.id,

Nurul, S., Anggrainy, S., & Aprelyani, S. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware.

Permatasari, V., … F. R.-P., & 2024, undefined. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa Sd. prosiding.unipma.ac.id. Diambil 1 Agustus 2024.

Pratama, A., Informasi, R. R.-T. D. S., & 2023, undefined. (n.d.). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web. jim.teknokrat.ac.id. Diambil 1 Agustus 2024.

Qashlim, A., Peqguruang, A. K.-J., & 2024, undefined. (n.d.). Sistem Informasi Geografis Perikanan Tangkap Nelayan Tradisional Di Wilayah Perairan Teluk Mandar.

SIMAMORA, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Petunjuk Arah Kelas Iv Sd Negeri 065013 Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5716

Article Metrics

Abstract views : 169 times | PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/