Analisis Kepuasan Calon Pengantin Terhadap Edukasi Kesehatan Reproduksi di Puskesmas Bua Kabupaten Luwu 2024

Zamzam Zamzam, Nilawati Uly, Muh. Iskandar, Ridwan Thaha

Abstract


Di Indonesia permasalahan Kesehatan reproduksi dapat dipandang  dari beberapa indikator diantaranya angka perceraian, AKI dan AKB. Upaya yang dilaksanakan yaitu peningkatan kespro melalui Pendidikan Kesehatan. kepuasan adalah adalah cerminan penilaian pasien terhadap hasil dibandingkan dengan harapan mereka sebelum berpartisipasi dalam program. Jika kepuasan klien terhadap konseling pranikah baik, kemungkinan tercapainya tujuan konseling pranikah semakin besar. Jenis Penelitian adalah penelitian mix method kuantitatif dan kualitatif dengan desain dominant less dominan design. Dimana penelitian kuantitatif menjadi penelitian yang dominan atau utama sedangkan penelitian kualitatif menjadi penelitian tambahan menggunakan desain cross sectional study dengan Total sampel 42 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu  consecutive sampling. Penelitian ini menggunakan angket atau kusioner . Analisis data kuantitatif berupa analisis deskriptif dan analisis servqual. Penelitian kualitatif dilakukan dengan FGD dan indepth interview. Berdasarkan Pertanyaan kuesioner servqual sebanyak 22, beberapa Catin yang memberikan penilaian kurang puas dan tidak puas. Berdasarkan penilaian gap, didpatkan gap antara persepsi  dan harapan. Pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi di Puskesmas Bua masih kurang efektif karena belum adanya kebijakan ditingkat kabupaten dan standar kompetensi dan pelatihan bagi sumber daya pelaksana, serta tidak adanya evaluasi untuk catin setelah pelaksanaan konseling pranikah


Keywords


calon pengantin, konseling pranikah, kespro, analisis kepuasan

References


Alaan Y, 2016. Pengaruh Services Quality (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance) terhadap Customer Satisfaction: Penelitian pada Hotel Serela Bandung. Jurnal Manajemen. 13(2)

Al Rahmad AH, Almunadia A, 2017. Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 17(3): 140–146.

Al Rahmad AH, 2019. Pengaruh Penyuluhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) pada Pasangan Usia Subur di Perkotaan dan Perdesaan. Jurnal Kesehatan. 10(1):147.

Arifin, 2013. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna ASKES sosial pada pelayanan rawat inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja 2013. Jurnal Universitas Hasanuddin.

Azwar A, 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara Bagarozzi DA, Bagarozzi JI, Anderson SA, Pollane L, 1984. Premarital

Education And Training Sequence (Pets): A 3 Year Follow Up Of An Experimental Study. Journal of Counseling and Development. 63(2):91- 100

Badan Pusat Statistik, 2019. Provinsi Sumatera Barat Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Sumatera Barat.

Badaruddin, 2012. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kursus Pra-Nikah: Modul Kursus Pra-Nikah. Yogyakarta: Seksi Urusan Agama Islam.

Bintoro WS, Sunaryo H, Anwarodin MK, 2019. Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan terhadap Kinerja Tenaga Medis Puskesmas. E-Jurnal Riset Manajemen. 107-124

Darmayanti, dkk, 2020. Analisis Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi Dan Seksual Pada Calon Pengantin Di Kota Bukittinggi Tahun 2019. Jurnal Sehat Mandiri. 15(1) : 62-78.

Endartiwi SS, Setianingrum PD, 2019. Kualitas Pelayanan Berhubungan dengan Kepuasan Peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 22(3): 158-166.

Evans G, Manning N, 2003. Helping Goverments Keep Their Promises Making Ministers and Goverments More Reliable Through Improved Policy Management Report No. IDP-187 South Asia Region- Internal Discussion Paper.

Firman, 2018. Latar Belakang Budaya dan Pengaruhnya Terhadap Relasi Klien dengan Konselor dalam Layanan Konseling di Indonesia. ResearchGate. www.researchgate.net/publication/328675948

Gysbers NC, Henderson P, 2004. Comprehensive Guidance and Counseling Program Evaluation: Program + Personnel = Results.

Gladding S 2009. Counseling: A comprehensive profession. (edisi keenam).

Upper Saddle River, NJ: Merrill/Prentice Hall.

Handayani A, 2016. Efektifitas Pelaksanaan Bimbingan Konseling Pranikah dan Pasca Nikah dalam Membantu Mengatasi Perceraian. Tesis. Universitas Islam Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Hasyim S, 1999, Menakar “Harga” Perempuan: Eksplorasi Lanjut Terhadap Hak- Hak Reproduksi Perempuan dalam Islam. Bandung: Mizan

ICPD (International Conference on Population and Development). https://www.unfpa.org/publications/icpd-and-human-rights

Indah HP, Desmiwarti, 2018. Efektifitas Konseling Kesehatan Reproduksi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pasangan Calon Pengantin di KUA Kota Padang. Andalas Obstetrics and Gynecology Journal. 2(2): 41-46

Irawan E, 2016. Gambaran Pengetahuan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi di Desa Kertajaya. Jurnal Ilmu Keperawatan. 4(1):26-31

Junios, Aldianita W, 2012. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi Ibu Menikah di Usia Remaja. Jurnal Sainstek. 4(2):170-174.

Kabir SMJ, 2017. Introduction to Counseling. Researchgate. Hal.22-46 Kartikasari D, Ariwinanti D, Hapsari A, 2019. Gambaran Pengetahuan Kesehatan

Reproduksi Siswa SMK Wisnuwardhana Kota Malang. Jurnal Preventia. Hal 1- 6.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Petunjuk Pelaksanaan Komunikasi Informasi dan Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Calon Pengantin.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2017. http://kesga.kemkes.go.id/ diakses tanggal 21 September 2020.

Kertamuda, Fatchiah, 2019. Konseling Pernikahan untuk Keluarga di Indonesia.

Jakarta: Salemba Humanika.

Kepmen PAN No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Khasanah N, 2011. Dampak Persepsi Budaya terhadap Kesehatan Reproduksi Ibu dan Anak di Indonesia. Muwazah. 3(2):487-492.

Kotler, Philip dan Keller KL, 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kurniasari F, Sugiyanto EK, 2020. Dimensi Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang). Bussiness Management Analysis Journal (BMAJ). 3(2):2020.

Moreno CG, Amin A, 2019. Violence against women: where are we 25 years after ICPD and where do we need to go? https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/26410397.2019.1676533.

Noviyanti, 2020. Faktor Pelayanan yang Profesional terhadap Kepuasan Pasien. Pasuruan : Qiara Media.

Nuralam IP, 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang : UB Press.

Nurjanah, Marlianingsih N, 2015. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dari Aspek Kebahasaan. Jurnal Ilmu Kependidikan. 2(1):69-78




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5729

Article Metrics

Abstract views : 40 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter