Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Mengajar Keterampilan Bahasa Asing Siswa
Abstract
Saat ini, guru dituntut selektif menggunakan strategi dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Sejalan dengan itu, ada banyak strategi yang dapat digunakan dalam mengajar bahasa Inggris yang telah dipromosikan oleh banyak peneliti. Penelitian ini memperkenalkan bahwa Pembelajaran aktif dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam belajar bahasa Inggris. Strategi ini dipandang sebagai salah satu dari banyak strategi yang tepat untuk digunakan karena ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif memiliki pengaruh positif terhadap prestasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas tentang penggabungan pengajaran bahasa Inggris dalam memfasilitasi proyek siswa. Temuan yang diperoleh dari data tinjauan kritis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif membuat peningkatan yang berarti dalam keterampilan berbahasa Inggris mereka dibandingkan dengan mereka dalam kelompok pembanding. Saat menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif, siswa didorong untuk berkolaborasi dengan teman sebaya dalam bertukar pikiran dan secara kritis memilih informasi penting. Selain itu, saat menyelesaikan proyek, siswa diminta untuk berlatih dan melatih keterampilan bahasa mereka sebelum berbicara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bell, D., & Kahrhorff, J. (2006). Active learning handbook. Ouis, Missouri: Webster University Press.
Bonwell, C.C., & Eison, J. (1991). Active learning: creating ecxcitiment in the classroom. ASHE-ERIC Higher Education report series (AEHE). Washingtond DC: George washingtong university, school of education and human development.
Cahyono, Y.B. (2015) Inspirations And Innovations for English Clasroom. State University of Malang Press.
Drew, V., & Mackie, L. (2011). Extending the Construct of Active Learning: Implication For Teachers’ Pedagogy And Practice. The curriculum journal, 22(4), 451-467.
Hackathorn, J., Solomon, E.D., Blankmeyer, K.L., Tennial, R.E., &Garczynski, A.M (2011)learning by doing: an empirical study of active teaching techniques. The journal of effective teaching. 11(2), 40-54.
Hung, H.C., Young, S.S & Lin, C.P (2003). No student left behind: a collaborative and competitive game-based learning emviroment to reduce the achievement gap to EFL students in Taiwan. Technology, pedagogy and education, DOI: 10.1080/1475939X2013822412.
Keyser, M.W (2004) active learning and cooperative learning: understanding the difference and using both styles effectively. Kingsville: texas A & M University.
Mayer, c., & Jones, T.B. (1993) promoting active learning: strategies for the challenge classroom. San Fransisco: Jossy Bass.
McCarthy, J.P., & Anderson, L. (2000). Active learing technique versus tradition techniques styles: two experiments from history and political science. Innovative higher education, 24 (4)279-294.
Michel, N., Cater, J.J & Varela O. (2009) active versus passive techniques styles: an empirical study of students learning outcomes. Human resource developmentquarterly, 20(4)397-418.
Ning, H., & Hornoby, G. (2014). The impact of cooperative learning on tertiary EFL learners’ motivation. Educational review, 66 (1): 108-124.
Odom, S., Glenn, B., Sanner, S., & Cannela. K.A.S. (2009). Group peer review as an active learning strategy in research course. International journal of teaching and learning in higher education.21 (1) 108-117.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.573
Article Metrics
Abstract views : 141 times | PDF - 141 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.