PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS X SMK MEGA LINK MAJENE

Nur Taqia, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Observasi ini adalah observasi tindakan kelaas yang dilaksanakan bagi siswa kelas X SMK mega Link Majene dengan jumlah siswa 25 siswa. Tujuan dari observasi ini untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa di SMK mega link majene. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu proses tindakan siklus I dan proses tindakan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Nilai rata-rata prasiklus siswa sebesar 59,0. pada siklus I rata-rata nilai siswa  meningkat menjadi 72,2. Nilai rata rata siswa pada siklus II sebesaar 84,7. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Mega Link Majene. Adapun instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes dan instrument non tes. Instrument tes berupa tes keterampilan menulis puisi sedangkan instrtumen non tes berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan pedoman dokumentasi.

Keywords


Puisi, Media Lagu, Peningkatan

References


Aeni, N., Khang, A., Al Yakin, A., Yunus, M., & Cardoso, L. (2024). Revolutionized Teaching by Incorporating Artificial Intelligence Chatbot for Higher Education Ecosystem. In AI-Centric Modeling and Analytics (pp. 43-76). CRC Press.

Al Yakin, A. M., Obaid, A. J., Abdul, L., Warsah, I., Muthmainnah, M., & Elngar, A. A. (2024). Harnessing the Power of ChatGPT to Explore Student Metacognitive Skills in Learning Sociology Education. In Advanced Applications of Generative AI and Natural Language Processing Models (pp. 405-423). IGI Global.

Apriani, E., Muthmainnah, M., Wijayanti, E., Kons, B. A., & Al Yakin, A. (2024). 19 Accelerating Student's. AI-Oriented Competency Framework for Talent Management in the Digital Economy: Models, Technologies, Applications, and Implementation, 305.

Bakri, Marlina, and Yusni Yusni, Pemamfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa:Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing 4.1(2021): 39-46

Dito, R. A., & Pujiastuti, N. (2021). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam WALI, 13(1), 71-87.

Erlista, Auntiya. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Sugesti dan Imajinasi dengan Media Vidioklip lagu”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia 7, no. 1 (2018); 7-13.

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.

Hidayatullah, M.R., Mar’aturahmi. D. O. (2018). Pengaruh Media Lagu Terhadap keteramilan Menulis Puisi Bebas Pada Proses Pembelajaran JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3).

Inderawati, R., Apriani, E., Jaya, H. P., Saputri, K., Wijayanti, E., & Muthmainnah, M. (2024). Promoting Students' Writing by Using Essay Writing GPT: A Mix Method. In Advanced Applications of Generative AI and Natural Language Processing Models (pp. 249-264). IGI Global.

Julaeha, I., Kurniawati, D., & Khoirunnisa, A. (2021). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Abad 21 untuk Meningkatkan

LMS Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 1-10.

Muthmainnah, M., Cardoso, L., Alsbbagh, Y. A. M. R., Al Yakin, A., & Apriani, E. (2024, June). Advancing Sustainable Learning by Boosting Student Self-regulated Learning and Feedback Through AI-Driven Personalized in EFL Education. In International Conference on Explainable Artificial Intelligence in the Digital Sustainability (pp. 36-54). Cham: Springer Nature Switzerland.

Muthmainnah, M., Darmawati, B., Khang, A., Al Yakin, A., Obaid, A. J., & Elngar, A. A. Shaping Artificial Intelligence-Perceived Hybrid Learning Environment at University Toward the Global Talent Development Strategy. In AI-Oriented Competency Framework for Talent Management in the Digital Economy (pp. 219-243). CRC Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5746

Article Metrics

Abstract views : 20 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter