Strategi Belajar Siswa Berprestasi di SMA Negeri 17 Makassar
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana kebiasaan belajar siswa berprestasi, (2) Bagaimana strategi belajar yang digunakan siswa berprestasi di SMA Negeri 17 Makassar. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 17 Makassar. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Adapun hasil penelitian tersebut adalah (1) Siswa selalu menempati posisi dan duduk pada barisan yang terdepan dan selalu aktif dalam setiap proses belajar-mengajar serta kemampuan dalam menguasai setiap pelajaran sehingga setiap siswa tersebut menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, (2) Strategi belajar yang digunakan oleh siswa berpestasi; (a) Menyusun jadwal belajar dan kegiatan lain kemudian mereka melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah disusun termasuk menyempatkan belajar pada malam hari sebelum tidur; (b) Membaca buku pelajaran yang mereka anggap menarik untuk dibaca dan dipahami, pada bagian bacaan yang dianggap penting mereka menandai dengan stabilo, membaca bab-bab yang penting dengan membuat catatan-catatan kecil sesuai dengan apa yang mereka dapati; (c) Mereka mengikuti pelajaran seperti pada siswa lainnya di dalam kelas namun mengulangi kembali pelajaran saat mereka telah berada di rumah; (d) Konsentrasi belajar dengan situasi dan suasana sepi, belajar sambil mendengarkan musik dan/atau menonton televisi serta belajar ketika dalam keadaan mood yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Anita Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Umum dan Agama. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Balai Pustaka.
Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Laksbang Mediatama
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Sumiati dan Asra, M. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima Suryabrata
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka Cipta
Sogiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo
The Liang Gie. 1998. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta. Pusat Kemajuan Studi
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.575
Article Metrics
Abstract views : 828 times | PDF - 239 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.