Strategi Belajar Siswa Berprestasi di SMA Negeri 17 Makassar

Sriwahyuni Sriwahyuni, Muh. Reski Salemuddin

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana kebiasaan belajar siswa berprestasi, (2) Bagaimana strategi belajar yang digunakan siswa berprestasi di SMA Negeri 17 Makassar. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 17 Makassar. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Adapun hasil penelitian tersebut adalah (1) Siswa selalu menempati posisi dan duduk pada barisan yang terdepan dan selalu aktif dalam setiap proses belajar-mengajar serta kemampuan dalam menguasai setiap pelajaran sehingga setiap siswa tersebut menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, (2) Strategi belajar yang digunakan oleh siswa berpestasi; (a) Menyusun jadwal belajar dan kegiatan lain kemudian mereka melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah disusun termasuk menyempatkan belajar pada malam hari sebelum tidur; (b) Membaca buku pelajaran yang mereka anggap menarik untuk dibaca dan dipahami, pada bagian bacaan yang dianggap penting mereka menandai dengan stabilo, membaca bab-bab yang penting dengan membuat catatan-catatan kecil sesuai dengan apa yang mereka dapati; (c) Mereka mengikuti pelajaran seperti pada siswa lainnya di dalam kelas namun mengulangi kembali pelajaran saat mereka telah berada di rumah; (d) Konsentrasi belajar dengan situasi dan suasana sepi, belajar sambil mendengarkan musik dan/atau menonton televisi serta belajar ketika dalam keadaan mood yang baik.


Keywords


Strategi Belajar; Siswa Berprestasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Anita Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Umum dan Agama. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Balai Pustaka.

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Laksbang Mediatama

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Sumiati dan Asra, M. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima Suryabrata

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Sogiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo

The Liang Gie. 1998. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta. Pusat Kemajuan Studi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Purwanto, M. Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.575

Article Metrics

Abstract views : 828 times | PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter