Peningkatan Keterampilan Menyimak Kritis Menggunakan Metode VAK (Visualization Auditory Kinestetic)

Andriani Andriani, Haerani Haerani

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketuntasan belajar peserta didik dalam menyimak berita pada pembelajaran bahasa indonesia, hal ini di akibatkan karena model pembelajaran atau metode pembelajaran yang di sajikan kurang tepat terhadap karakteristik materi pelajaran, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan  keterampilan Menyimak Kritis menggunakan metode VAK (Visualization Auditory Kinestetic)  Peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 4 Polewali, Jenis penelitian ini adalah PTK yang di laksanakan 2 siklus, dengan jumlah peserta didik adalah 38 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik Observasi, angket respon peserta didik dan pemberian tes kemampuan menyimak berita yang di berikan melalui metode VAK. Adapun hasil penelitian sangat baik terlihat dari nilai perolehan peserta didik berada kategori baik pada siklus I kesiklus II, aktivitas peserta didik berada pada kategori baik pada siklus I dan pada siklus II berada kategori sangat baik, sedangkan nilai perolehan keterampilan menyimak berita berada pada kategori sangat kurang pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik dengan tingkat ketuntasan 100%.


Keywords


Keterampilan; Menyimak; VAK

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobi. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Fatmawati, N.Y. 2011. Keefektifan Strategi Time token Arends terhadap Kemampuan Menuimak Laporan Perjalanan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Wonosari Gunungkidul.

Jumingin, S, dkk. 2014. Penilaian Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia: BPN. UNM.

Kundharu, Saddhono. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Nurhayani, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Mertode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59.

Riyanto,Yatim. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sumani, Mukhlas. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.578

Article Metrics

Abstract views : 256 times | PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter