Pengaruh Strategi Quantum terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Tanggapan Deskriptif
Abstract
Penelitian ini mengambil judul pengaruh strategi quantum terhadap hasil belajar menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 176 orang, yang ditempatkan dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara acak dari 6 kelas berdasarkan hasil sampling acak sederhana dan sebelum penentuan sampel terlebih dahulu dilakukan tes awal (Pre-test) kepada seluruh peserta didk kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo dan kelasyang memperoleh nilai rata-rata yang sama atau hampir sama diambil sebagai kelas penilaian. Penilaian ini akan menggunakan 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil sampling acak sederhana, maka kelas VII A sebagai kelas (kelompok) eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas (kelompok) kontrol. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Strategi Quantum dapat meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik. Hasil inferensial menunjukkan bahwa nilai thitung pada equal variances assumed = 2,034 df = 54, dan diperoleh ttabel = 2,004 sehingga thitung = 2,034> ttabel = 2,004 dan signifikansi 0,004< 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi quantum berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo Polewali Mandar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Abidin, Yunus. 2014. Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Pembelajaran menulis. Jakarta: PPPP TK Bahasa.
Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djumarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan sastra. Makassar. Badan Penerbit UNM.
Kosasih, Engkos. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Salam. 2009. Pendidikan Penulisan Kreatif. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.579
Article Metrics
Abstract views : 141 times | PDF - 129 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.