Pengaruh Strategi Quantum terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Tanggapan Deskriptif

Nur Hafsah Yunus, Citra Indraswari

Abstract


Penelitian ini mengambil judul pengaruh strategi quantum terhadap hasil belajar menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 176 orang, yang ditempatkan dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara acak dari 6 kelas berdasarkan hasil sampling acak sederhana dan sebelum penentuan sampel terlebih dahulu dilakukan tes awal (Pre-test) kepada seluruh peserta didk kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo dan kelasyang memperoleh nilai rata-rata yang sama atau hampir sama diambil sebagai kelas penilaian. Penilaian ini akan menggunakan 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil sampling acak sederhana, maka kelas VII A sebagai kelas (kelompok) eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas (kelompok) kontrol. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.  Dari hasil penelitian diketahui bahwa Strategi Quantum dapat meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik. Hasil inferensial menunjukkan bahwa nilai thitung pada equal variances assumed = 2,034 df = 54, dan diperoleh ttabel = 2,004 sehingga thitung = 2,034> ttabel = 2,004 dan signifikansi 0,004< 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi quantum berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo Polewali Mandar.


Keywords


Pengaruh; Strategi Quantum; Menulis Teks Tanggapan Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Abidin, Yunus. 2014. Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Pembelajaran menulis. Jakarta: PPPP TK Bahasa.

Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djumarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan sastra. Makassar. Badan Penerbit UNM.

Kosasih, Engkos. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Salam. 2009. Pendidikan Penulisan Kreatif. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.579

Article Metrics

Abstract views : 141 times | PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter