PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KONSULTASI BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 3 DI SMKN 1 TANJUNG RAYA
Abstract
Hal yang melatar belakangi penulis melakukan perancangan sistem informasi ini, agar bisa membantu siswa dalam melakukan konsultasi dengan guru bimbingan konseling serta memudahkan guru bimbingan dalam perekapan data bimbingan konseling agar terarsipkan dengan baik dan aman.Penelitian ini menggunakan model pengembangan Fountain dengan 5 tahap yaitu, Analysis, Requirements Specification, Design, Coding, Testing and Integration, Operation, Maintenance and Evaluation. Penelitian ini juga menggunakan penilaian uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil uji validitas oleh 3 orang ahli yaitu ahli komputer, bimbingan konseling dan bahasa diperoleh hasil sebesar 0,76 dengan kriteria valid, hasil uji praktikalitas oleh 6 orang siswa serta 3 guru pelajaran umum diperoleh sebesar 0,81 dengan kategori sangat tinggi, hasil uji efektifitas oleh 3 orang guru bimbingan konseling diperoleh hasil sebesar 0,90 dengan kriteria tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrelia, Y., Okra, R., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Siswa Berbasis Android di SMKN 1 Ampek Angkek. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 808–815. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.152
Agung Nugroho, A., Rohastono Ajie, G., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2019). Reproduksi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(2), 49–55.
Ayuri, A., Darmawati, G., Derta, S., & Annas, F. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Construct 2 Pada Mata Pelajaran Tik Di Smpn 03 Sungai Pua. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1334–1340. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7262
Azwat Ramadhan, H., Sari, R. P., & Prawira, D. (2023). Jurnal Informasi dan Teknologi Rancang Bangun Aplikasi Sampah Market Menggunakan Model Fountain. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.37034/jidt.v5i1.258
Hakam, H. I., Malkan, A. B., Pratama, J., & Husein, I. G. (2021). Aplikasi Konsultasi Kesehatan Kulit Online Berbasis Website. E-Proceeding of Applied Science, 7(5), 1189–1199.
Harahap, A. M., Musril, H. A., Supriadi, S., & Okra, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Menggunakan Mit App Inventor di SMKS Kesehatan Paluta Husada. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 139–151. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.158
Kirany, K., Supriadi, S., Zakir, S., & Musril, H. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Santri Baru (SIM-PSB) di MA Plus Subulussalam Kab. Padang Pariaman. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 768–776. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.217
Luthfi, R., Supriadi, S., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Siswa Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMKN 1 Gunung Talang Kab Solok. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 1290–1303. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.196
Musril, H. A., & Fauzi, R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri (UIN) Bukittinggi. Jised, 1(3), 12–18.
Mutiara Asra, F., Okra, R., Antoni Musril, H., & Agama Islam Negeri Bukittinggi, I. (2022). Education and Learning Journal PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SUMBANGAN KOMITE DI SMKN 1 AMPEK ANGKEK. | ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(September), 2022.
Naldo, M. N., Supriadi, S., Antoni Musril, H., & Sarwo Derta, S. D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK GENUS Bukittinggi. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(1), 70–86. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i1.46
Okra, R., & Saru, W. P. (2020). Perancangan Aplikasi Mobile Penyetoran Ayat Untuk. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 157–167.
Siti Ernawati, Risa Wati, & Ilham Maulana. (2021). Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognition Dan Text To Speech Berbasis Android Menggunakan Flutter. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST, 178–186.
Suheri. (2023). Penggunaan Framework Codeigniter Dalam Pembuatan Web Profil Program Studi Teknik Elektro Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 3(3), 227–234. https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i3.98
Suprayogi, B., & Rahmanesa, A. (2019). Penerapan Framework Bootstrap dalam Sistem Informasi Pendidikan SMA Negeri 1 Pacet Cianjur Jawa Barat. Tematik, 6(2), 119–127. https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.244
Supriyanto, J., Fadlil, A., & Sunardi, S. (2022). Pengujian Kualitatif Aplikasi Informasi Gempa Bumi dalam Bentuk Suara untuk Tunanetra. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(3), 619–628. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i3.1482
Zakir, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMP 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4456–4465. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6174%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/6174/4607
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5859
Article Metrics
Abstract views : 98 times | PDF - 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.