PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KONSULTASI BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 3 DI SMKN 1 TANJUNG RAYA

Elza Putri Adinda, Riri Okra, Hari Antoni, Sarwo Derta

Abstract


Hal yang melatar belakangi penulis melakukan perancangan sistem informasi ini, agar bisa membantu siswa dalam melakukan konsultasi dengan guru bimbingan konseling serta memudahkan guru bimbingan dalam perekapan data bimbingan konseling agar terarsipkan dengan baik dan aman.Penelitian ini menggunakan  model pengembangan Fountain dengan 5 tahap yaitu, Analysis, Requirements Specification, Design, Coding, Testing and Integration, Operation, Maintenance and Evaluation. Penelitian ini juga menggunakan penilaian uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil uji validitas oleh 3 orang ahli yaitu ahli komputer, bimbingan konseling dan bahasa diperoleh hasil sebesar 0,76 dengan kriteria valid, hasil uji praktikalitas oleh 6 orang siswa serta 3 guru pelajaran umum diperoleh sebesar 0,81 dengan kategori sangat tinggi, hasil uji efektifitas oleh 3 orang guru bimbingan konseling diperoleh hasil sebesar 0,90 dengan kriteria tinggi.

 


Keywords


Sistem Informasi,Bimbingan Konseling, Codeigniter, Fountain

References


Afrelia, Y., Okra, R., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Siswa Berbasis Android di SMKN 1 Ampek Angkek. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 808–815. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.152

Agung Nugroho, A., Rohastono Ajie, G., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2019). Reproduksi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(2), 49–55.

Ayuri, A., Darmawati, G., Derta, S., & Annas, F. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Construct 2 Pada Mata Pelajaran Tik Di Smpn 03 Sungai Pua. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1334–1340. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7262

Azwat Ramadhan, H., Sari, R. P., & Prawira, D. (2023). Jurnal Informasi dan Teknologi Rancang Bangun Aplikasi Sampah Market Menggunakan Model Fountain. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.37034/jidt.v5i1.258

Hakam, H. I., Malkan, A. B., Pratama, J., & Husein, I. G. (2021). Aplikasi Konsultasi Kesehatan Kulit Online Berbasis Website. E-Proceeding of Applied Science, 7(5), 1189–1199.

Harahap, A. M., Musril, H. A., Supriadi, S., & Okra, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Menggunakan Mit App Inventor di SMKS Kesehatan Paluta Husada. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 139–151. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.158

Kirany, K., Supriadi, S., Zakir, S., & Musril, H. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Santri Baru (SIM-PSB) di MA Plus Subulussalam Kab. Padang Pariaman. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 768–776. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.217

Luthfi, R., Supriadi, S., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Siswa Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMKN 1 Gunung Talang Kab Solok. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 1290–1303. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.196

Musril, H. A., & Fauzi, R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri (UIN) Bukittinggi. Jised, 1(3), 12–18.

Mutiara Asra, F., Okra, R., Antoni Musril, H., & Agama Islam Negeri Bukittinggi, I. (2022). Education and Learning Journal PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SUMBANGAN KOMITE DI SMKN 1 AMPEK ANGKEK. | ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(September), 2022.

Naldo, M. N., Supriadi, S., Antoni Musril, H., & Sarwo Derta, S. D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK GENUS Bukittinggi. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(1), 70–86. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i1.46

Okra, R., & Saru, W. P. (2020). Perancangan Aplikasi Mobile Penyetoran Ayat Untuk. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 157–167.

Siti Ernawati, Risa Wati, & Ilham Maulana. (2021). Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognition Dan Text To Speech Berbasis Android Menggunakan Flutter. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST, 178–186.

Suheri. (2023). Penggunaan Framework Codeigniter Dalam Pembuatan Web Profil Program Studi Teknik Elektro Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 3(3), 227–234. https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i3.98

Suprayogi, B., & Rahmanesa, A. (2019). Penerapan Framework Bootstrap dalam Sistem Informasi Pendidikan SMA Negeri 1 Pacet Cianjur Jawa Barat. Tematik, 6(2), 119–127. https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.244

Supriyanto, J., Fadlil, A., & Sunardi, S. (2022). Pengujian Kualitatif Aplikasi Informasi Gempa Bumi dalam Bentuk Suara untuk Tunanetra. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(3), 619–628. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i3.1482

Zakir, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMP 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4456–4465. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6174%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/6174/4607




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5859

Article Metrics

Abstract views : 6 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter