Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Golla Kambu Di Desa Lagi-Agi Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Zulkifli Basri, Andi Baso, Nurul Iqraini D

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Golla Kambu yang paling tepat. Menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisi SWOT dengan Matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary) dapat diidentifikasikan faktor-faktor dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Usaha kecil menengah Golla Kambu. Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa posisi Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Golla Kambu berada pada Kuadran 1 (Agresif), posisi menunjukkan strategi yang difokuskan bagi Pemasaran Usaha Golla Kambu yaitu menggunakan strategi SO (Strenght- Opportunities) yaitu dengan menggunakan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.Peluang Pemasaran yang dimiliki oleh Usaha Golla Kambu yaitu 1,8 lebih besar dari nilai faktor ancaman 0,75 dengan melihat hasil faktor strategi eksternal bahwa Usaha Golla Kambu di memiliki potensi peluang untuk pemasaran Golla Kambu sedangkan nilai faktor kekuatan adalah 2 lebih besar dari nilai total faktor kelemahan adalah 0,55 dengan melihat hasil strategi internal bahwa faktor kekuatan dapat mendukung pemasaran Usaha Golla Kambu dibandingkan dengan faktor kelemahannya.


Keywords


Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Usaha Kecil Menengah Golla Kambu

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adi, M Kwartono. 2007. Analisis Usaha Kecil Menengah. Yogyakarta: Andi offset

Assauri, Sofyan, 2004 . Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Press.

Assauri, Sofyan. 2008.Manajemen Produksii dan operasi.Lembaga Peneribit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Basu Swastha, 2000,Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern,Jakarta : Liberty.

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas marketing, Liberty, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 2002,Manajemen jasa, penerbit ANDI YOGYAKARTA.

Gitosudarmo, Indrio. (2002).Manajemen Keuangan Edisi 4. Yogyakarta: BPFE. Inmon, W.H., 2005. Building the Data Werewhouse, Edisi 3, Canada: John Wiley dan Sons, Inc.

Kotler , Philip. 2010.Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1dan 2 Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta : Eralngga.

Lhestari A.P. 2006.Pengaruh Waktu Tunda Giling tebu dan Penambahan Natrium Metabisulfit terhadap Mutu Gula Merah Tebu. (Skripsi) Pada Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

McCarthy, E. Jerome dan William D. Perreault Jr., 2002, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta.

Priyono.2006.Analisa Kondisi Usaha dan Rancang Ulang Tata Letak Industri Gula Merah Tebu.(Skripsi). Bogor. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.107 hal.

Rangkuti, Freddy. (2010).Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, William, J., (2001),Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2003.Metode Penelitian Bianis. Edisi 1, Bandung: Alfabeta.

Tjasyono, Bayong. 2010. Klimatologi. ITB

Tjiptono,Fandy. 2002.Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.722

Article Metrics

Abstract views : 33 times | PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.