PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 TANDUKKALUA’
Abstract
Penelitian ini penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Penentuan sampel secara acak, berdasarkan tehnik tersebut diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan satatistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII B yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Tes akhir (postest) memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas A yang diajar tanpa menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yaitu 83,92> 50,00. Berdasarkan hasil observasi kelas VII A (kontrol) dan VII B (eksperimen) pada pertemuan pertama aspek yang terlaksana yaitu 7 dengan persentase 70%, pada pertemuan kedua aspek yang terlaksana yaitu 8 dengan persentase 80%, dan pada pertemuan ketiga semua aspek terlaksana yaitu 10 dengan persentase 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad,Herlina. 2016. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Operasi Aljabar Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas VII C SMP Negeri 1 Malunda. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.9,No.1,Hal.62-71.
Amar, N., Najib, A., & Febryanti, F. (2019, November). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 168-173).
Fatimah, F. (2016). Pengaruh Pembelajan Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 43-50.
Isahak,Suryadi. 2017. Penerapan Metode Eksplorasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.13,No.1,Hal.75-87
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.879
Article Metrics
Abstract views : 146 times | PDF - 86 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.