PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 TANDUKKALUA’

Darmalinda Darmalinda, Fatimah Fatimah, Febryanti Febryanti

Abstract


Penelitian ini penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Penentuan sampel secara acak, berdasarkan tehnik tersebut diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan satatistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII B  yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Tes akhir (postest) memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas A yang diajar tanpa menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yaitu 83,92> 50,00. Berdasarkan hasil observasi kelas VII A (kontrol)  dan VII B (eksperimen) pada pertemuan pertama aspek yang terlaksana yaitu 7 dengan persentase 70%, pada pertemuan kedua aspek yang terlaksana yaitu 8 dengan persentase 80%, dan pada pertemuan ketiga semua aspek terlaksana yaitu 10 dengan persentase 100%.


Keywords


Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad,Herlina. 2016. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Operasi Aljabar Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas VII C SMP Negeri 1 Malunda. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.9,No.1,Hal.62-71.

Amar, N., Najib, A., & Febryanti, F. (2019, November). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 168-173).

Fatimah, F. (2016). Pengaruh Pembelajan Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 43-50.

Isahak,Suryadi. 2017. Penerapan Metode Eksplorasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.13,No.1,Hal.75-87




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.879

Article Metrics

Abstract views : 150 times | PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter