Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode nature learning pada peserta didik kelas X smk armida abdulladin

RINALDI RINALDI, Sulihin Azis, Abd Azis

Abstract


Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik  dengan menggunakan metode nature learning. Tekhnik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan instrument tes yang mencakup lembar kerja peserta didik dan instrument non tes mencakup lembar observasi dan wawancara peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan  analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik melakui metode  nature learning. Terlihat pada hasil siklus I rata-rata nilai siswa adalah 67,25 sedangkan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 80,95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang siginifikan pada keterampilan menulis peserta didik pada aspek  keterampilan menulis puisi melalui metode nature learning.


Keywords


menulis,puisi,nature learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Asep Abbas. et.all. 2017.Teknik Penulisan karya Ilmiah. Surabaya: UIN Sunan Ampel Pers.

Chaer , abdul . 2015 .filsafat bahasa .Jakarta .Rineka jaya.

Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dwi, Gina Febriyani. 2017. Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Dengan Menggunakan Media Diorama Pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Cimahi Tahun

Pelajaran2016/2017.(online),(http://repository.unpas.ac.id /15678/5/BAB%20II.pdf, Diakse 24 Desember 2018)

Nurgiyantoro, Burhan. 2001 Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yokyakarta: BPPE

Samosir, Tiorida. 2013. Apresiasi Puisi. Bandung: Yrama Widya.

Yunus ,nur hafsah , s. a. (2019). korelasi antara penggunaan media gambar dalam menulis puisi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII smp negeri satu atap luyo. universitas al asyariah mandar: jurnal peqguruang.

Azis, S., & Andriani, A. (2021). ANALISIS STRUKTURAL DALAM CERITA RAKYAT MANDAR MELALUI PENDEKATAN ROBERT STANTON. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 362-371.

Azis, S. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada peserta didik kelas viii b smp negeri 1 wonomulyo kec. wonomulyo kab. polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 68-84.

Yunus, N. H., Azis, S., & Andriani, A. (2020). FUNGSI BAHASA REGISTER PADA ANGGOTA KEPOLISIAN. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 170-178.

Azis, A. S. (2017). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP BURUH PATTEI ANJORO (STUDI KASUS DESA LEKOPA’DIS KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR). J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam, 2(2), 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.989

Article Metrics

Abstract views : 738 times | PDF - 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter