Penerapan Alat Peraga Boneka Flanel dan Panggung Boneka untuk Membangun Optimisme pada Siswa SDN Wonoayu

M. Mirza Abdillah Pratama, Aprilia Ratna Ningtyas

Abstract


Karya sastra merupakan suatu karya yang dapat diungkapkan secara tulisan dan lisan. Karya sastra berisi prosa, puisi, dan drama. Novel sendiri merupakan salah satu wujud dari produk prosa. Novel memiliki beragam genre. Pada novel yang berjudul Pollyanna yang ditulis oleh Eleanor H. Porter, genre yang digunakan adalah keluarga dan asmara. Penulis menerapkan media pembelajaran boneka flanel dengan menggunakan sebuah metode yaitu metode storytelling. Tujuan dari kegiatan pembelajaran ini adalah untuk memberikan materi dan aturan Glad Game secara jelas dengan memberikan contoh kasus secara visual dengan menerapkan media pembelajaran boneka flanel dengan menggunakan metode storytelling agar anak-anak atau pelajar dapat menangkap isi dan aturan Glad Game. Untuk metode, penulis menerapkan media pembelajaran boneka flanel dengan menggunakan metode storytelling. Storytelling merupakan suatu kegiatan menyampaikan cerita atau mendongeng. Boneka flanel akan dibuat model seperti wayang lalu digerak-gerakkan sambil bercerita, boneka tersebut lalu ditancapkan ke dalam panggung boneka yang sudah berisi busa didalamnya. Hasil dari kegiatan pembelajaran ini menjelaskan bahwa sebelum kegiatan,  siswa-siswi belum tahu cerita Pollyanna dan Glad Gamenya. Mereka juga belum paham cerita Pollyanna beserta praktik dari Glad Game. Namun, setelah kegiatan, siswa-siswi tahu cerita Pollyanna dan Glad Gamenya. Mereka juga paham cerita Pollyanna beserta praktik dari Glad Game.


Keywords


glad game; permainan; storytelling

Full Text:

PDF

References


Aspar dkk. (2020). Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.

Casangiu, L. I., & Barbaroș, T. (2020). The Soteriological Game in ‘Pollyanna. The Glad Game’ (by Eleonor H. Porter) and ‘La vita è bella’ (directed by Roberto Benigni). Dialogo, 6(2), 125–132.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. Retrieved from https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500

Crowe, K., & McKay, D. (2017). Efficacy of Cognitive-Behavioral Therapy for Childhood Anxiety and Depression. Journal of Anxiety Disorders, 1–51. Elsevier Ltd. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.janxdis.2017.04.001

Efastri dkk. (2018). Hubungan Ketergantungan Gadget dengan Pendekatan REBT terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PG-PAUD FKIP UNILAK. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 134–143.

Hidayat, A. S., & Kristiana, I. F. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Intensi Bermedia Sosial Pada Siswa Sma Negeri 11 Semarang. Empati, 5(4), 694–699.

Kurniawan, W. (2019). Relationship between Think Positive towards The Optimism of Psychology Student Learning in Islamic University of Riau. Jurnal Nathiqiyah, 2(1), 126–147. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/54

Levine, M. (2007). Pollyanna and the Glad Game: A Potential Contribution to Positive Psychology. Journal of Positive Psychology, 2(4), 219–227.

Lusiawati, I. (2016). Membangun Optimisme pada Seseorang Ditinjau Dari Sudut Pandang Psikologi Komunikasi, 10(3), 147–151.

Pradevi, A. P. (2020). Hubungan Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan Gadget dengan Kemampuan Empati Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 49–56.

Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99–106.

Suratno, P. (2018). Berpikir Positif sebagai Salah Satu Sikap Hidup Jawa. Widyasastra, 1(1), 113–122.

Wicaksono, F. Y., & Nurmala, T. (2021). Respons peserta pelatihan, 10(2), 154–158.

Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pandidikan Tambusal, 5(1), 1689–1695.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227–238.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2189

Article Metrics

Abstract views : 190 times | PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter