Program Belajar Sambil Bermain dalam Upaya Peningkatan Minat dan Semangat Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Mughniatul Ilma, Riska Aprilia Nurhidayati

Abstract


Pada awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus covid-19. Indonesia juga mengalami dampak dari adanya pandemi ini, yang memicu perubahan sistem di berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Selama masa pandemi covid-19, proses pembelajaran dilakukan di rumah melalui sistem jarak jauh. Namun, sering kali terjadi banyak kendala yang membuat pembelajaran jarak jauh menjadi kurang kondusif. Akhirnya siswa menjadi bosan dan tidak memiliki semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, beberapa siswa menggunakan waktu luangnya untuk bermain game online. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengadakan program belajar sambil bermain, yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan semangat siswa di masa pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) melalui lima tahap pelaksanaan, yaitu inkulturasi, discovery, design, define, dan reflection. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah melalui program belajar sambil bermain dalam proses pembelajaran, minat dan semangat belajar siswa selama masa pandemi covid-19 menjadi meningkat. Dan berbagai permainan edukatif yang digunakan dalam proses pembelajaran, membuat siswa tidak menyadari bahwa di samping mereka bermain, mereka juga sedang belajar.

Keywords


Belajar; Bermain; Minat; Semangat

Full Text:

PDF

References


Alyusfitri, R. (2020). Peranan Motivasi dan Kreatifitas Siswa SD dalam Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19. 8(2).

Aqmal, R., Ajmain, N., Ningrum, P. A., Diani, R., & Andarista, L. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Baca Tulis Qur’an Secara Online di TPQ Bustanul Ulum Desa Teluk Bakau Kabupaten Bintan Pada Masa Pandemi Covid-19. 2.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. 10.

Marpaung, F. D. N., & Rosmen. (2021). Bermain Sambil Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Siswa/i MTs Al-Ikhlas Pangkala Susu dalam Pelajaran Bahasa Inggris. 2.

Ninik. (2018). Monitoring Pembelajaran Konsep Learning By Playing And Playing For Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan Di TK. 3.

Nugraha, B. S., & Hidayat, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif “Sistem Tata Surya” untuk Kelas VI Sekolah Dasar. 1.

Nurul Fitri, S. F., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online pada Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring. 5.

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method]. 3.

Samsuri, A., U, N. L., Z, N. F., P.H, F. E., & Vadhila, U. (2021). Pendekatan ABCD untuk Meningkatkan Literasi di Madrasah. 1.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. 2(1).

Swasono, Muh. A. H., Sa’diyah, A. I., Fitri, R. E. N., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. 1.

Widayati, W., Utami, S., & Sagala, V. (2019). Pemberdayaan Guru SLB Tunas Kasih dalam Pembuatan Media Pembelajaran Calistung Kartubarpel Berbasis Metode Belajar Sambil Bermain. 2.

Yuniahastuti, I. T., Sunaryantiningsih, I., F.H, A., & M.H, B. (2018). Pengenalan Magnet Melalui Belajar dalam Bermain pada Lingkungan Taman Kanak-Kanak di Desa Baderan, Ngawi, Jawa Timur. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2512

Article Metrics

Abstract views : 600 times | PDF - 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter