Pembelajaran Musik Kreatif Pada Siswa Inklusi di UPTD Ponsos Surabaya

Erlin Kartikasari, Jarmani Jarmani, Suprihatien Suprihatien

Abstract


UPTD Ponsos Kalijudan, Surabaya merupakan Unit Pelaksana yang melindungi dan memberdayakan siswa inklusi di Surabaya. Selain itu UPTD Ponsos Kalijudan juga menjadi rumah bernaung bagi para siswa inklusi di Surabaya. UPTD Ponsos Kalijudan menjadi tempat untuk mengembangkan kretivitas siswa inklusi terutama di bidang seni dan budaya. Melalui pembekalan di bidang seni dan budaya diharapkan siswa-siswa inklusi di UPTD Ponsos Kalijudan dapat menyalurkan bakat dan minatnya. Permasalahan yang dihadapi mitra pengabdian masyarakat, para siswa inklusi di UPTD Ponsos Kalijudan adalah belum tersedianya: 1) Wadah untuk menyalurkan minat dan bakat di bidang musik kratif. 2) Guru atau pendamping yang mengajarkan cara bermain musik kreatif. 3) Rasa percaya diri untuk tampil bermain musik di depan umum. Solusi permasalahan adalah 1) pengusul bekerjasama dengan UPTD Ponsos Kalijudan memberikan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa inklusi di bidang bermain musik kreatif. Hal tersebut selaras dengan tugas dan fungsi UPTD Ponsos Kalijudan untuk melakukan pendampingan pada siswa inklusi di bidang seni dan budaya. 2) memberikan pendampingan dan menjadi guru pengajar bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus di UPTD Ponsos Kalijudan. 3) melakukan pendampingan dan menfasilitasi siswa-siswa inklusi untuk dapat tampil di depan umum mementaskan karya bermain musik kreatif yang telah digarapnya.

Keywords


pembelajaran; inklusi; musik; kreatif; Pondok Sosial

Full Text:

PDF

References


Hagata, dkk.(2018). Pembelajaran Musik Kreatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 3 Jarakan Sewon Bantul. DIGILIB ISI, hal. 1-12.

Mangunsong.(2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologis (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPUI).

Mulyono.(2006). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Pranata,M. 2011. Spektrum Kreativitas, Malang. Universitas Negeri Malang

Rohidi Rohendi.2011. Metodologi Penelitian Seni. Cipta Prima Nusantara. Semarang

Tasman, Ranaatmaja.2012. Seni Tradisi Majapahit.ISI Press Solo

Wicaksono, Herwin Yogo.(2009). Kreativitas Dalam Pembelajaran Musik. Jurnal Cakrawala Pendidikan. No. 1.

Yosep, Wagiman. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif pada Anak Usia Dini. Jurnal Harmonia.Volume 5, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2615

Article Metrics

Abstract views : 196 times | PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter