Penggunaan Aplikasi Maple untuk Meningkatan Kompetensi Guru melalui Wadah MKKS SMK Kabupaten Majene

Syamsuddin Syamsuddin

Abstract


MKKS SMK Kabupaten Majene terdiri dari 16 SMK di Kabupaten Majene, terdiri dari 9 SMK negeri dan 7 SMK swasta. Dimasing-masing sekolah tersebut terdapat 1 sampai 4 guru matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan MKKS diperoleh gambaran masih kurangnya kegiatan MKKS yang mewadahi guru untuk terampil menggunakan aplikasi maple. Kegiatan pendampingan dilakukan kepada 16 guru matematika. Angket sebelum workshop diberikan kepada guru, hasil analisis diperoleh 100% guru belum mengenal dan pernah menggunakan aplikasi maple. Hal ini menunjukkan penting untuk diadakan pendampingan guna peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi maple. Setelah dilakukan workshop dan pendampingan, diperoleh hasil 100% guru mampu menggunakan aplikasi maple untuk materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variable. Berdasarkan hasil pelaksanaan workshop dan pendampingan, diperoleh kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Maple mengalami peningkatan sebesar 100% khususnya pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel. Dibutuhkan latihan secara terus menerus untuk mengembangkan kemampuan guru matematika pada materi lainnya.


Keywords


maple; guru; matematika; MKKS

Full Text:

PDF

References


Afgani, M. W. (2016). Pemecahan Masalah dan Menanam Pemahaman Konsep Matematika Melalui Software Maple. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85–103.

Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat PkM - Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMK Kabupaten Majene dalam Penggunaan Geoenzo Sebagai Media Pembelajaran Matematika JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat Guru Matematika SMK Kabupaten Ma. 3(1), 60–73.

Hamid, H., Angkotasan, N., Jalal, A., Muhtadi, D., & Sukirwan. (2020). Students’ mathematical proficiency in solving calculus problems after Maple implementation. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012025

Marsitin, R., & Rahayu Sesanti, N. (2018). Limit Learning With Apos Theory and Maple to Develop Mathematical Communication And Critical Thinking. 160(Incomed 2017), 54–59. https://doi.org/10.2991/incomed-17.2018.12

Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2018). Improving students’ understanding of mathematical concept using maple. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012034

Qadriah, L., & Achmady, S. (2018). Critical and Logical Mathematics Thinking Skills Enhancement of Vovational School Students Through Cooperative Model Type Stad Assisted Maple. https://doi.org/10.31227/osf.io/zdvms

Saputra, J. (2017). The Application Of The Maple Program To Self- Regulated Learning On The Mathematics ’. 6, 64–71.

Syamsuddin, S., Ahmad, H., & Afriani, A. (2020). Media Pembelajaran Online terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.659

Sylviani, S., Permana, F. C., & Rinjani, D. (2019). Penggunaan Maple dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Materi Integral. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i2.21681

Zayyadi, M., Lanya, H., & Irawati, S. (2019). Geogebra dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kualitas Guru Matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 53. https://doi.org/10.30738/ad.v2i1.2919




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v1i3.2708

Article Metrics

Abstract views : 85 times | PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter