Penggunaan Aplikasi Maple untuk Meningkatan Kompetensi Guru melalui Wadah MKKS SMK Kabupaten Majene
Abstract
MKKS SMK Kabupaten Majene terdiri dari 16 SMK di Kabupaten Majene, terdiri dari 9 SMK negeri dan 7 SMK swasta. Dimasing-masing sekolah tersebut terdapat 1 sampai 4 guru matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan MKKS diperoleh gambaran masih kurangnya kegiatan MKKS yang mewadahi guru untuk terampil menggunakan aplikasi maple. Kegiatan pendampingan dilakukan kepada 16 guru matematika. Angket sebelum workshop diberikan kepada guru, hasil analisis diperoleh 100% guru belum mengenal dan pernah menggunakan aplikasi maple. Hal ini menunjukkan penting untuk diadakan pendampingan guna peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi maple. Setelah dilakukan workshop dan pendampingan, diperoleh hasil 100% guru mampu menggunakan aplikasi maple untuk materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variable. Berdasarkan hasil pelaksanaan workshop dan pendampingan, diperoleh kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Maple mengalami peningkatan sebesar 100% khususnya pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel. Dibutuhkan latihan secara terus menerus untuk mengembangkan kemampuan guru matematika pada materi lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afgani, M. W. (2016). Pemecahan Masalah dan Menanam Pemahaman Konsep Matematika Melalui Software Maple. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85–103.
Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat PkM - Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMK Kabupaten Majene dalam Penggunaan Geoenzo Sebagai Media Pembelajaran Matematika JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat Guru Matematika SMK Kabupaten Ma. 3(1), 60–73.
Hamid, H., Angkotasan, N., Jalal, A., Muhtadi, D., & Sukirwan. (2020). Students’ mathematical proficiency in solving calculus problems after Maple implementation. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012025
Marsitin, R., & Rahayu Sesanti, N. (2018). Limit Learning With Apos Theory and Maple to Develop Mathematical Communication And Critical Thinking. 160(Incomed 2017), 54–59. https://doi.org/10.2991/incomed-17.2018.12
Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2018). Improving students’ understanding of mathematical concept using maple. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012034
Qadriah, L., & Achmady, S. (2018). Critical and Logical Mathematics Thinking Skills Enhancement of Vovational School Students Through Cooperative Model Type Stad Assisted Maple. https://doi.org/10.31227/osf.io/zdvms
Saputra, J. (2017). The Application Of The Maple Program To Self- Regulated Learning On The Mathematics ’. 6, 64–71.
Syamsuddin, S., Ahmad, H., & Afriani, A. (2020). Media Pembelajaran Online terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.659
Sylviani, S., Permana, F. C., & Rinjani, D. (2019). Penggunaan Maple dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Materi Integral. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i2.21681
Zayyadi, M., Lanya, H., & Irawati, S. (2019). Geogebra dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kualitas Guru Matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 53. https://doi.org/10.30738/ad.v2i1.2919
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v1i3.2708
Article Metrics
Abstract views : 241 times | PDF - 110 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.