Pengenalan Media Pembelajaran Exe-Learning Terintegrasi Nilai Keislaman pada Pelajaran Fisika

Mukhlis Rohmadi, Hadma Yuliani, Nur Inayah Syar, Atin Supriatin, Nadia Azizah, Perriy Perriy, Nabila Chazima Dinawati

Abstract


Pengabdian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran Exe-Learning terintegrasi Keislaman; (2) Untuk mengetahui media pembelajaran Exe-Learning terintegrasi Islam dapat digunakan dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran Exe-Learning terintegrasi Islam mampu meningkatkan dan menumbuhkan sikap spiritual atau rasa syukur peserta didik terhadap Allah SWT, Exe-Learning sebagai media pembelajaran terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an dapat menjadi referensi bacaan yang menghibur dan meningkatkan minat membaca peserta didik, serta Exe-Learning ini tidak membosankan karena dengan desain yang berbeda disetiap halaman dan terdapat gambar serta video yang dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam mempelajari materi didalamnya. Kekurangan dari media pembelajaran Exe-Learning ini ialah interaksi siswa dan guru menjadi kurang, pusat pembelajaran mengarah kepada pelatihan daripada pendidikan; (2) Media pembelajaran Exe-Learning yang telah diintegrasikan Islam memenuhi kriteria layak sehingga dapat digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa.

Keywords


Exe-Learning, dan Media Pembelajaran, Intergrasi Islam

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., Hendri, M., & Basuki, F. R. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Repository Univeesitas Jambi, 1-11.

Arumsari, E., Heru, B., & Susanti, D. (2018). E-LEARNING BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN OPTIKA GEOMETRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI SMA KELAS XI. 7. Jakarta Timur: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).

Astuti, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelejaran Fisika Mobile Leraning berbasis Android. JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan endidikan Fisika, 57-62.

Dasmono, Astusi, I. A., & Nurullaeli. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. JRKPF UAD, 4, 71-77.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP FOTOSINTESIS. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1, 91-106.

Irwandani, Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, & Widyanti. (2017). MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STUDIO'13 PENGEMBANGAN PADA MATERI GERAK MELINGKAR KELAS X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 221-231.

Laurenty, F., Rahmad, M., & Yennita. (2018). APPLICATION OF LEARNING BY SCIENCE INTEGRATION AND RELIGION APROACH TO INCREASE STUDENTS MOTIVATION PHYSICS LEARNING. Jurnal Online Mahasiswa, 1-9.

Mujizah, R., Wati, M., & Mathari, S. (2021). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 89-98.

Pertiwi, F. N. (2016). Pembelajaran Fisika Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Diagram Vee. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1, 36-46.

S, S. U., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Formatif, 71-81.

Setyarini, E. (2014). PENGEMBANGAN WEB FISIKA BERMUATAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUL SMA/MA KELAS X. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Silviyati, H. (2018). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN ISLAM MATERI BESARAN DAN SATUAN, SUHU DAN KALOR, DAN WUJUD ZAT KELAS VII SMP/MTS. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Syafe'i, I. (2015). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. 151-166.

Tsuwaibah. (2014). EPISTEMOLOGI UNITY OF SCIENCE IBN SINA KAJIAN INTEGRASI KEILMUAN IBN SINA DALAM KITAB ASY-SYIFA JUZ I DAN RELEVANSINYA DENGAN UNITY OF SCIENCE IAN WALISONGO. Semarang: IAIN WALISONGO SEMARANG.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2775

Article Metrics

Abstract views : 411 times | PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter