BELAJAR BERHITUNG BERHADIAH (3B): MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK ASLI PAPUA

Miftah Fariz Prima Guntoro

Abstract


Adanya anak yang tidak bisa menghitung, membaca, dan menulis merupakan masalah yang sirius. Data BPS Kabupaten Jayapura menunjukkan bahwa persentase penduduk di Kabupaten Jayapura yang melek huruf memang mengalami tren penurunan, yaitu dari 98,87% pada tahun 2019 menjadi 98,35% pada tahun 2020.  Itu artinya, semakin banyak masyarakat yang buta huruf di tahun 2020 dibanding tahun 2019. Oleh sebab itu, kegiatan pengabdian tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak asli Papua melalui belajar berhitung berhadiah (3B). Terdapat tiga tahap dalam kegiatan tersebut, yaitu persiapan, kegiatan inti 3B, dan penutup. Data terkait dengan pembelajaran yang dilakukan diambil melalui pengamatan, observasi, dan wawancara. Hasil pengabdian menemukan bahwa kegiatan dilakukan secara bertahap, yaitu mulai dari mengenal angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Semua kegiatan sudah berjalan dengan lancar. Tampak bahwa anak-anak merasa senang dan gembira dalam kegiatan belajar bersama yang dilakukan. Sungguh pun demikian, pengabdi menilai diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak seperti orang tua anak, lingkungan tempat tinggal, pemerintah Kampung, dan tokoh masyarakat untuk membuat kegiatan tersebut dapat berjalan konsisten dan lebih efektif.

Keywords


Belajar berhitung; anak asli Papua; 3B (belajar berhitung berhadiah)

Full Text:

PDF

References


BPS. (2021a). Distrik Sentani dalam angka 2021. BPS Kabupaten Jayapura.

BPS. (2021b). Kabupaten Jayapura dalam angka 2021. BPS Kabupaten Jayapura.

Hasibuan, M. I. (2014). Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Logaritma, 2(01), 1–12. https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.214

Hudson, C. C., & Whisler, V. R. (2007). Contextual teaching and learning for practitioners. IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings, 2(4), 228–232.

McLeod, S. A. (2019). Operant Conditioning (B.F. Skinner). http://www.simplypsychology.org/operant-conditioning.html

Mulyana, B. (2013). Hubungan konsep diri, komitmen dan motivasi berprestasi dengan prestasi renang gaya bebas. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 488–498.

Putra, M. F. P., Guntoro, T. S., Putra, I. P. E. W., Kurdi, K., Sinaga, F. S. G., Sinaga, E., Hidayat, R. R., Muhammad, J., Wandik, Y., Womsiwor, D., & Mantiri, G. J. M. (2022). Memasyarakatkan Olahraga Petanque di Tingkat Pelajar Papua. Jurnal Pengabdian Olahraga Di Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i1.11891

Putra, M.F.P. (2017). Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi, Locus of Control Dan Academic Self-Concept Mahasiswa Fik Uncen. Journal of Sport Science and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p1-7

Putra, Miftah Fariz Prima. (2020). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa di Papua? Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.24415

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2903

Article Metrics

Abstract views : 92 times | PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter