PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 2 DI SD NEGERI 024 TAPPARANG
Abstract
Program Kampus Mengajar (KM) adalah salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan upaya peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi dengan memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dan sekolah Menengah Petama (SMP) di berbagai Desa/Kota di seluruh Indonesia. Salah satunya lokasi penempatan yang menjadi sasaran pelaksanaan program KM yakni di SD Negeri 024 Tapparang, di desa Taramanu Tua, kec. Tubitaramanu, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pada program KM ini mahasiswa diberi tugas membantu sekolah pada proses pembelajaran melalui pendampingan dan kolaborasi dengan guru sekolah, membantu administrasi sekolah, dan adaptasi teknologi khususnya aplikasi-palikasi meeting online seperti google meet, zoom, wbe ex, dll serta membantu dalam peningkatan literasi dan numerasi peserta didik.. Selain itu mahasiswa juga diberikan tugas untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar peserta didik selama pandemi covid-19 ini. Hasil dari program ini yakni mahasiswa mampu mengasah keterampilan berfikir, kemapuan pemecahan masalah, dan bekerja sama dengan guru baik di sekolah maupun dengan mahasiswa lain dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani,T.(2015).Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan Komunikasi.jurnal sosial budaya
CNN Indonesia (2020). Kampus Merdeka ala Mas Nadiem Makarim di Era Revolusi Industri 4.0
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2959
Article Metrics
Abstract views : 584 times | PDF - 209 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.