PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PADA SEKOLAH DASAR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SDN 036 PODA-PODA
Abstract
Program kampus mengajar adalah salah satu program dari merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang merupakan upaya mengajar dengan memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pembelajaran di sekolah dasar sekitar desa/kota tempat tinggalnya. Metode penelitian yang dilakukan berupa pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SDN 036 PODA-PODA, di Desa Poda, Kecamatan Tutar, provinsi Sulawesi Barat, Yang berjumlah 88 siswa.mahasiswa di beri tanggung jawab membantuh atministrasi sekolah dan adaptasi teknologi. Selain itu mahaiswa juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa selama pandemi covid 19. Pembelajaran yang dilakukan saat ini tidak bisa diterapkan dengan maksimal karena terkendala pandemi COVID-19. Seiring berjalanya waktu, sekolah –sekolah sudah menerapkan era new normal dengan melaksanakan pembelajaran di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itulah yang membuat pemerintah mengadakan kegiatan Kampus Mengajar dimana mahasiswa memberikan pengajaran selama masa pandemi. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu sekolah untuk memaksimalkan pembelajaran pada masa pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210-219.
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Jcommsci-Journal Of Media And Communication Science, 4(2), 54-67.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Aji. (2021, 4 Kamis). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Pada Sekolah Dasar Terdampak Pademi Covid 19. From Uniflor: Http://Uniflor.Ac.Id
Dasrimin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Tengah Pandemi Covid-19:Antara Peluang Dan Tantangan. 1 Oktober 2021.
Mardiana, D. ( 2020). Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Di Sekolah Menengah Pertama Di Indonesia. 13 No. 2, 2020.
Nurhasanah, A. D. (2020). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkankompetensi Sdn 48 Bengkulu Tengah.
Sadikin. (2021, 4 Kamis). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Pada Sekolah Dasar Terhadap Pandemi. Retrieved From Uniflor: Http://Uniflor.Ac.Id
Fatonah, K. (2021). Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. September 2021, Hal 194-205.
Widiyono, A. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melaluikampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. 2, Januari 2021, Hal 102-107.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2964
Article Metrics
Abstract views : 193 times | PDF - 51 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.