Pembuatan Alat Pupuk Organik Cair Dan Cara Membuat Pupuk Organik Cair Didesa Mekkatta Selatan

Haeruddin Haeruddin, Nurhaya Kusmiah, Doni Arya, Devrianti Rudi

Abstract


Desa Mekkatta Selatan adalah salah satu desa dari 12 Desa/Kelurahan yang ada dalam wilayah Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Desa Mekkatta Selatan merupakan pemekaran dari Desa Mekkatta Kecamatan Malunda Kabupaten Majene pada tahun 2011, berawal dari keinginan masyarakat yang mengharapkan peningkatan kwalitas pelayanan public, mengingat pusat pemerintahan Desa induk (Mekkatta) jaraknya cukup jauh sekitar 4 km dari dusun, Paga,Malatewa,  Tanisi dan Tanisi Selatan.  Atas dasar itulah para tokoh masyarakat dusun Tanisi,Tanisi Selatan, Paga dan Malatewa  melakukan rembuk merencanakan pemekaran wilayah atau berpisah dari Desa Mekkatta. Desa Mekkatta Selatan terletak pada dataran rendah dan memiliki karakter wilayah yang bukan rawah, tidak terletak pada kawasan gambut sehingga memungkinkan para warga Desa Mekkatta Selatan untuk membuka lahan dan bercocok tanam sebagai petani. Mayoritas penduduk desa Mekkatta Selatan bermata pencaharian sebagai petani dengan memanfaatkan tanaman pangan seperti padi sawah, ubi-ubian, Kacang Hijau, Kacang Tanah, Kacang Panjang, Jagung, dan talas. Kemudian hasil dari bercocok tanam tersebut dipergunakan warga Desa Mekkatta Selatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan digunakan sendiri untuk keluarga atau pun untuk dijual. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan membuat alat pupuk organic cair dan membuat pupuk organic cair (POC).


Keywords


Alat POC, Pembuatan POC, masyarakat desa mekkatta selatan

Full Text:

PDF

References


Damayanti Sinaga., 2009. Pembuatan Pupuk Cair Dari Sampah Organik Dengan Menggunakan Boisca Sebagai Starter. Departemen Teknologi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Handayani, S. H., Yunus, A., & Susilowati, A. (2015, April). Uji Kualitas Pupuk Organik Cair dari Berbagai Macam Mikroorganisme Lokal (MOL). ELVIVO, 3(1), 54-60.

Jalaludin, Nasrul Z.A., dan Rizki, S. (2016). Pengolahan Sampah Organik Buah-buahan menjadi Pupuk dengan Menggunakan Efektif Mikroorganisme. Jurnal Teknologi Kimia Unimal,

Kusuma, M. E. (2012). Pengaruh Berbagai Jenis Pupuk Kandang terhadap Kualitas Bokashi. Jurnal Ilmu Hewani Tropika,

Leovini, H. (2012). Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Pada Budidaya Tanaman Tomat(Solanum lycopersicum L.). Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.

Marjenah, W.K. (2017). Pemanfaatan Limbah Kulit Buah-buahan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal Hutan Tropis,

Meriatna, M., Suryati, S., & Fahri, A. (2019). Pengaruh Waktu Fermentasi dan Volume Bio Aktivator EM4 (Effective Microorganisme) pada Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Buah-Buahan. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 7(1), 13-29.

Marsono dan Paulus., 2001. Pupuk Akar Jenis dan Aplikasi. Penebar Swadaya, Jakarta

Sundari, E., Sari, E., Rinaldo, R., 2012. Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Bioaktivator Biosca dan EM4. Prosiding SNTK TOPI 2012, ISSN. 1907 – 0500, Pekan Baru.

Zaman, B., & Sutrisno, E. (2007). Studi Pengaruh Pencampuran Sampah Domestik, Sekam Padi, dan Ampas Tebu dengan Metode Mac Donald terhadap Kematangan Kompos. Jurnal Presipitasi




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2971

Article Metrics

Abstract views : 61 times | PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by : (DALAM PROSES)

   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter