PENINGKATAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SMP NEGERI 6 POLEWALI

Basri Basri, Ayu Rahayu, Fatwa Suci Rahmadani, Erli Wulandari, Andi Nurunnisa Yasmun, Aidul Akbar

Abstract


Pelaksanaan Program Kampus mengajar berfokus pada literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah agar Pendidikan di daerah, khususnya bagi sekolah-sekolah tertinggal di sisi indikator kinerja Sekolah, akan terus berjalan dan berkembang. Tujuan program ini secara langsung membantu pihak sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal sesuai standar pelayanan minimum, kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan dilakukan di SMP Negeri 6 Polewali dengan pendekatan pendampingan terhadap siswa dan guru kelas mata pelajaran terkhusus di kelas VIII. Peran tim dosen sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa sebanyak 4 orang juga membantu dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di kelas. Pendekatan yang digunakan melalui metode eksperimen. Pelaksanaan Pre-Test dan Pos-test AKM Kelas dilakukan terhadap 15 siswa kelas VIII dengan 2 gelombang. Hasil Observasi menunjukkan terjadi peningkatan minat belajar dan pembiasaan dalam literasi pembelajaran, selain itu dalam hal numerasi juga tercapai peningkatan. Secara umum dengan pendekatan AKM kelas didapatkan peningkatan sebesar 16% khususnya indikator menemukan informasi tersurat pada literasi, sedangkan pada numerasi di indikator sasaran terjadi peningkatan sebesar 5%. Selain itu baik kelas maupun sekolah juga mengalami perubahan signifikan dalam mendukung kenyamanan belajar dan dukungan peningkatan literasi dan numerasi.


Keywords


Kampus Mengajar;Literasi;Numerasi; Adaptasi teknologi;

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi Srategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Bumi Aksara.

Baiduri, B. (2019). Strategi Literasi dalam Pembelajaran Matematika pada Era Industri 4.0. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 77. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2782

Destrianto, K. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 133–139.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036

Lestariningsih, L., Nurhayati, E., & Cicinidia, C. (2020). Jenis Proses Berpikir Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 83–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.601

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Negara Republik Indonesia.

Putri, R. D., Herpratiwi, & Rosidin, U. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,5(4), 2156–2163.

Sudjatmiko, T. (2020). Nilai Literasi Matematika Siswa Masih Rendah, Dibutuhkan Metode Baru. Krjogja.Com.https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/nilai-literasi matematika-siswa-masih-rendah-dibutuhkan-metode-baru/2/Abidin,Y., Mulyati,T.,&Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi Srategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains,Membaca dan Menulis. Bumi Aksara.

Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3906

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks



Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter