PENINGKATAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SMP NEGERI 6 POLEWALI
Abstract
Pelaksanaan Program Kampus mengajar berfokus pada literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah agar Pendidikan di daerah, khususnya bagi sekolah-sekolah tertinggal di sisi indikator kinerja Sekolah, akan terus berjalan dan berkembang. Tujuan program ini secara langsung membantu pihak sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal sesuai standar pelayanan minimum, kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan dilakukan di SMP Negeri 6 Polewali dengan pendekatan pendampingan terhadap siswa dan guru kelas mata pelajaran terkhusus di kelas VIII. Peran tim dosen sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa sebanyak 4 orang juga membantu dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di kelas. Pendekatan yang digunakan melalui metode eksperimen. Pelaksanaan Pre-Test dan Pos-test AKM Kelas dilakukan terhadap 15 siswa kelas VIII dengan 2 gelombang. Hasil Observasi menunjukkan terjadi peningkatan minat belajar dan pembiasaan dalam literasi pembelajaran, selain itu dalam hal numerasi juga tercapai peningkatan. Secara umum dengan pendekatan AKM kelas didapatkan peningkatan sebesar 16% khususnya indikator menemukan informasi tersurat pada literasi, sedangkan pada numerasi di indikator sasaran terjadi peningkatan sebesar 5%. Selain itu baik kelas maupun sekolah juga mengalami perubahan signifikan dalam mendukung kenyamanan belajar dan dukungan peningkatan literasi dan numerasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi Srategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Bumi Aksara.
Baiduri, B. (2019). Strategi Literasi dalam Pembelajaran Matematika pada Era Industri 4.0. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 77. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2782
Destrianto, K. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 133–139.
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036
Lestariningsih, L., Nurhayati, E., & Cicinidia, C. (2020). Jenis Proses Berpikir Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 83–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.601
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Negara Republik Indonesia.
Putri, R. D., Herpratiwi, & Rosidin, U. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,5(4), 2156–2163.
Sudjatmiko, T. (2020). Nilai Literasi Matematika Siswa Masih Rendah, Dibutuhkan Metode Baru. Krjogja.Com.https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/nilai-literasi matematika-siswa-masih-rendah-dibutuhkan-metode-baru/2/Abidin,Y., Mulyati,T.,&Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi Srategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains,Membaca dan Menulis. Bumi Aksara.
Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3906
Article Metrics
Abstract views : 358 times | PDF - 146 timesRefbacks
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.