MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA TUNAGRAHITA TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL MELALUI MEDIA VIDEO
Abstract
Pendidikan kesehatan mengenai pencegahan kekerasan atau pelecehan seksual dapat mengelola masalah kesehatan seksual secara efektif pada kelompok anak remaja disabilitas intelektual. Video animasi sangat mudah dipahami dalam proses pembelajaran dan menjadi salah satu media yang efektif dalam pemberian pendidikan seksual bagi anak tunagrahita. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kesadaran remaja tunagrahita tentang pencegahan kekerasan seksual melalui media video. Tahapannya meliputi perencanaan dan persiapan, pelaksaaan kegiatan pengabdian dan evaluasi. Kegiatan dilaksanaan pada hari Jum’at tanggal 9 September 2022 kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang berjumlah 22 orang di SLB N 1 Padang. Pengukuran keberhasilan media video ini menggunakan pre-test dan post-test dengan kuisioner berisi 12 pertanyaan singkat. Hasilnya didapatkan peningkatan skor pengetahuan siswa dari 4,95 menjadi 7,36. uji paired t-test di dapatkan nilai p-value 0,018 yang menunjukkan bahwa intervensi pencegahan kekerasan seksual dapat meningkatkan pengetahuan atau kesadaran anak tunagrahita mengenai pencegahan kekerasan seksual. Kegiatan ini sukses terlaksana dengan partisipasi dan semangat yang tinggi dari siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan, video ini dapat menjadi sarana edukasi yang bermanfaat bagi sekolah dalam upaya meminimalisir jumlah korban dari kekerasan seksual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dinas Pendidikan Kota Padang. (2015). Data Penyelenggraan Program Layanan Anak Berkebutuhan Khusus 2014/2015. UPT PKLK Dinas Pendidikan Kota Padang.
Eastgate, G., Scheermeyer, E., Van Driel, M. L., & Lennox, N. (2012). Intellectual disability, sexuality and sexual abuse prevention: A study of family members and support workers. Australian Family Physician, 41(3), 135–139.
House, T., Schwebel, D. C., Mullins, S. H., Sutton, A. J., Swearingen, C. J., Bai, S., & Aitken, M. E. (2016). Video intervention changes parent perception of all-terrain vehicle (ATV) safety for children. Injury Prevention, 22(5), 328–333.
Jojo, N., Nattala, P., Seshadri, S., Krishnakumar, P., & Thomas, S. (2023). Knowledge of sexual abuse and resistance ability among children with intellectual disability. Child Abuse and Neglect, 136(January), 105985. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2022.105985
Kucuk, S., Platin, N., & Erdem, E. (2017). Increasing awareness of protection from sexual abuse in children with mild intellectual disabilities: An education study. Applied Nursing Research, 38(October), 153–158. https://doi.org/10.1016/j.apnr.2017.10.016
Maulana, H. D., & Sos, S. (2009). Promosi kesehatan.
N Anaemejeh, G Bachmann, J Hutchinson-Colas, K. A. (2022). Sexual Health Education- Using Animated Videos to Teach Teenagers and Young Adults. The Journal of Sexual Medicine, 19(8), S23.
Neherta, M. (2017). Intervensi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak. Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
Rifka Annisa (Director). (2017, June 9). YUK, TANGKAL KEKERASAN SEKSUAL. https://www.youtube.com/watch?v=ek1hg_ruHSw
Sharp, G., & Fernando, A. N. (2023). Genital body image education in young adolescent girls: A proof of concept pilot study. Body Image, 45, 318–322. https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2023.03.012
Shartika, N. P., Yetti, H., & Yusda, I. (2019). Analisis penyelenggaraan Puskesmas tatalaksana kekerasan terhadap anak (KtA) dalam penanganan kekerasan anak di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 245–253.
Singh, N., Ramakrishnan, T. S., Khera, A., & Singh, G. (2016). Impact evaluation of two methods of dental health education among children of a primary school in rural India. Medical Journal of Dr. DY Patil University, 9(1), 66–71.
Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan. Pemanfaatan Dan Penilian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Taslibeyaz, E., Aydemir, M., & Karaman, S. (2017). An analysis of research trends in articles on video usage in medical education. Education and Information Technologies, 22, 873–881.
Warraitch, A., Amin, R., & Rashid, A. (2021). Evaluation of a school-based sexual abuse prevention program for female children with intellectual disabilities in rural Pakistan- A feasibility study. Applied Nursing Research, 57(November 2020), 151391. https://doi.org/10.1016/j.apnr.2020.151391
Wissink, I. B., Van Vugt, E., Moonen, X., Stams, G.-J. J., & Hendriks, J. (2015). Sexual abuse involving children with an intellectual disability (ID): A narrative review. Research in Developmental Disabilities, 36, 20–35.
Wissink, I. B., van Vugt, E. S., Smits, I. A. M., Moonen, X. M. H., & Stams, G.-J. J. M. (2018). Reports of sexual abuse of children in state care: A comparison between children with and without intellectual disability. Journal of Intellectual & Developmental Disability, 43(2), 152–163. https://doi.org/10.3109/13668250.2016.1269881
Mishan, E. J., & Euston. Quah. (2019). Cost-benefit analysis (Vol. 454). New York: Praeger
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i2.4074
Article Metrics
Abstract views : 581 times | PDF - 163 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.