PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN TEWANG KADAMBA KABUPATEN KATINGAN

Abdul Gofur, Triyani Triyani

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pelatihan didasari oleh analisis kebutuhan dari pihak sekolah terkait dengan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Pengabdian berupa pelatihan dilakukan dengan mengguakan model contextual  teaching  and learning. metode ceramah, diskusi, tanya jawab hingga Project  Based Learning dengan peserta berjumlah 19 Orang dari kepala sekolah serta guru. Kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka di SDN  Tewang Kadamba Kabupaten Katingan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah ditentukan, peserta juga antusias mengikuti pelatihan. Namun demikian jaringan Internet yang kurang stabil sehingga terkadang menghambat proses pengiriman dokumen berupa contoh perangkat pembelajaran maupun materi pelatihan. Karena kurangnaya waktu maka masih diperlukan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran pada tahap selanjutnya terutama dalam hal penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) serta Modul Ajar yang tertandar. Diperlukan kegiatan pelatihan berkesinambungan dengan memberikan materi pelatihan lain yaitu berupa pembelajaran berdiferensiasi, modul Projek Profil Pelajar Pancasila hingga Asemesmen Kurikulum Merdeka. Selain itu juga guru dapat mengikuti Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform digital yang berisi berbagai konten yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka


Keywords


pembelajaran, perangkat, kurikulum, merdeka, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 37–46. https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.428

Iramdan -, & Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), Article 2.

Kencana, A. K., Ramadan, N., Yannur, K., Saputra, Y., & Sapuadi, S. (2022). Manajemen Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Semi Online di SD IT Al Furqan Palangka Raya. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.125

Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), Article 5. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2073

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Putri, N. I. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8943

Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5877

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28.

Syar, N. I., & Sulistyowati, S. (2021). Analysis of Students’ Need and Perception on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.3071

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54065/ipmas.2.2.2022.228




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i3.5768

Article Metrics

Abstract views : 48 times | PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter