PENINGKATAN MARKET VALUE GULA SEMUT KELOMPOK WANITA TANI MELALUI DESAIN BRAND LABELLING DAN KEMASAN
Abstract
Kemasan dan label merupakan salah satu hal terpenting dalam suatu produk. Kemasan dan label juga merupakan satu kunci bagi UMKM untuk lebih meningkatkan jual produk. Dengan adanya kemasan yang menarik diharapkan dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya karena sebuah kemasan menarik akan membawa citra tertentu dalam suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai tujuan pemasaran dan memuaskan keinginan konsumen, kemasan harus memiliki komponen estetika dan fungsional yang tepat. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif sedangkan jenis penelitiannya Library Research yaitu mengkaji dan mengumpulkan data. Penelitian ini fokus kepada label dan kemasan pada gula semut. Gula semut merupakan salah satu pemanis alami yang terbuat dari gula aren.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kaligis, E. P., & Marentek, M. R. (2022, July). Perancangan Media Promosi Produk Gula Semut di Desa Koreng Kabupaten Minahasa Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi (Vol. 1, No. 1, pp. 252-261).
Soesanto, L. A., Tanudjaja, B. B., & Banindro, B. S. (2014). Perancangan Desain Kemasan Gula Aren Tradisional Produksi Desa Margolelo Rowoseneng. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4).
Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2). Jurnal Seni 9.2 (2015): 127-136.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.
Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.
Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 3(2), 125-133.
Rini, E. S., Arini, N. W. S., & Purnama, I. G. A. V. (2020). Mendesain Ulang Kemasan dan Label Produk Kopi Odah. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 99-106.
Natalia, I., Mukmin, T. M., & Wardhani, A. (2019). Perancangan Identitas Visual dan Desain Kemasan Gula Semut KSU Jatirogo untuk Wisatawan. Rupaka, 1(2).
Hastati, D. Y., Nuraeni, A., & Kuntari, W. (2022). Penerapan Kemasan Dan Label Untuk Produk Olahan Singkong Di Kelompok Tani Barokah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 178-183.
Muslimin, M., Latif, L. A., Tjiroso, B., & Rais, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan Produk-Produk Rumahan Bagi Masyarakat Di Desa Toniku. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 91-98.
Firdausi, M. F. (2022, November). Peningkatan Market Value Usaha Kecil Menengah (UKM) Gula Merah Melalui Desain Brand Labelling dan Kemasan. In Progress Conference (Vol. 5, No. 2, pp. 268-274).
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i3.5808
Article Metrics
Abstract views : 27 times | PDF - 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.