PELATIHAN PEMBUATAN SOAL BERBASIS TEORI REKONSTRUKSI DENGAN BANTUAN AI: Transformasi Evaluasi Pembelajaran di Wilayah Kepulauan

Suryadi Ishak, Syahrul Syahrul, Mansyur Mansyur, Patahuddin Patahuddin

Abstract


Wilayah kepulauan seperti Kabupaten Selayar menghadapi tantangan unik dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya dalam hal evaluasi pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru dalam menyusun soal evaluasi berbasis teori rekonstruksi dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI). Melalui pelatihan intensif, pendampingan, dan penguatan infrastruktur, kegiatan ini mampu meningkatkan efisiensi kerja guru hingga 65%, memperbaiki kualitas soal dengan peningkatan signifikan pada butir berpikir tingkat tinggi (HOTS), serta membangun ekosistem pembelajaran digital berkelanjutan. Artikel ini menguraikan proses, tantangan, capaian, serta dampak program sebagai model transformasi pendidikan berbasis teknologi di daerah tertinggal.


Keywords


Evaluasi Pembelajaran, AI dalam Pendidikan, Rekonstruksi Soal, Pelatihan Guru, Daerah Kepulauan

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.

Asrifan, A., Wajdi, F., Ishak, S., & Alwi, A. (2025). Humanizing the Digital Classroom: The Educator's Role in Fostering Connection Amidst Technology. In Blending Human Intelligence With Technology in the Classroom (pp. 87-118). IGI Global Scientific Publishing.

Bulut, O., Beiting‑Parrish, M., Casabianca, J. M., et al. (2024). AIME: Ethical guidelines for AI-powered assessments. Journal of Measurement in Education, 45(2), 78‑95.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C. M., Barron, B., & Osher, D. (2020).

Gierl, M. J., Lai, H. (2020). The role of item models in automatic item generation. International Journal of Testing, 20(2), 129 147.

Jung, J. Y., Tyack, L., & von Davier, M. (2024). Automated reading passage generation with OpenAI’s large language model. Computers & Education: Artificial Intelligence, 5, 100135.

Jinariah, J., Makkasollah, M., Sahryul, S., Ishak, S., & Syawal, S. (2025, June). EVALUASI PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH BERBUDAYA LITERASI DI SMAN 4 SELAYAR. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 7, No. 1, pp. 24-29).

Kilinç, S. (2024). Comprehensive AI assessment framework: Enhancing educational evaluation with ethical AI integration. Educational Technology & Society, 27(2), 102 118.

Kieser, F., Wulff, P., Kuhn, J., Küchemann, S. (2023). Educational data augmentation in physics education research using ChatGPT. Journal of Computer Supported Learning, 15(3), 221 239.

Mourshed, M., Chijioke, C., & Barber, M. (2010). How the world’s most improved school systems keep getting better. McKinsey & Company.Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2012). Practical meta-analysis. SAGE publications, Inc.

Mishan, E. J., & Euston. Quah. (2019). Cost-benefit analysis (Vol. 454). New York: Praege

OECD. (2021). AI and the Future of Skills, Volume 1: Capabilities and Assessments. OECD Publishing.

Owan, V. J., Abang, K. B., Idika, D. O., Onor, E., Bassey, E. O. (2023). Exploring the potential of artificial intelligence tools in educational measurement and assessment. Journal of Educational Measurement and Evaluation, 14(3), 145‑167.

Santrock, J. W. (2019). Educational psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Suharsimi, A. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara

UNESCO. (2022). Artificial intelligence in education: Challenges and opportunities for sustainable development.

Von Davier, M. (2018). Automated item generation with recurrent neural networks. Psychometrika, 83(4), 925‑949.

Yudhana, A. (2020). Analisis rekonstruksi soal sebagai upaya peningkatan kualitas evaluasi pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 24(1), 15–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i3.6242

Article Metrics

Abstract views : 76 times | PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/