PELATIHAN PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF BERBASIS PWIM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR

Gusti Yarmi, Prayuningtyas Angger Wardhani, Iva Sarifah

Abstract


Menulis kreatif merupakan keterampilan yang penting dan kompleks yang perlu diajarkan secara eksplisit dan berproses kepada peserta didik di sekolah Dasar. Siswa sekolah dasar masih kesulitan dalam menulis dikarenakan menulis membuat siswa merasa lelah, sulit, dan tidak berminat. Selain itu, keterampilan menulis yang diberikan guru masih belum maksimal dan bersifat kontekstual serta belum menggunakan model atau pendekatan yang tepat. Oleh sebab itu, diperlukan model yang tepat dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa. Picture Word Inductive Model (PWIM) adalah model yang dikembangkan oleh Calhoun (1999) yang diterapkan untuk membantu siswa dalam pembelajaran bahasa dengan bantuan gambar.  Pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan di Sekolah Dasar Gugus Cimurah wilayah Kabupaten Garut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada  sekolah mitra yang memiliki masalah pada pembelajaran menulis kreatif. Metode kegiatan yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan dalam menulis kreatif berbassi PWIM. Hasil kegiatan menungjukkan guru-guru terlibat aktif dan antusia. Selain itu hasil evaluasi kegiatan yang dilakukkan menunjukkan 87 % guru memahami materi menulis kreatif serta 90 % guru angtusias dalam kegiatan.

Keywords


Menulis kreatif, PWIM, Sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Bandola-Gill, J., Grek, S., & Tichenor, M. (n.d.). Governing the Sustainable Development Goals Quantification in Global Public Policy Connecting the Goals Sustainable Development Goals Series. https://link.springer.com/bookseries/15486

Barton, G., Khosronejad, M., Ryan, M., Kervin, L., & Myhill, D. (2024). Teaching creative writing in primary schools: a systematic review of the literature through the lens of reflexivity. Australian Educational Researcher, 51(4), 1311–1330. https://doi.org/10.1007/s13384-023-00641-9

Evy Oktovina Gurning. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Teks Lagu Pada Siswa Kelas XII MIA-1 SMA Negeri 16 Medan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 151. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss

Göçen, G. (2019). The effect of creative writing activities on elementary school students’ creative writing achievement, writing attitude and motivation*. In Journal of Language and Linguistic Studies (Vol. 15, Issue 3). www.jlls.org

Gu, C., & Lornklang, T. (2021). The Use of Picture-word Inductive Model and Readers’ Theater to Improve Chinese EFL Learners’ Vocabulary Learning Achievement. Advances in Language and Literary Studies, 12(3), 120. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.12n.3.p.120

Hendrik Prima. (2023, September 30). Tantangan Literasi, Bupati Garut Ajak Anak-anak Kembali Membaca dan Menulis. INew Garut.

Jiang, X., & Perkins, K. (n.d.). A Conceptual Paper on the Application of the Picture Word Induction Model Using Bruner’s Constructive View of Learning and the Cognitive Load Theory. https://www.researchgate.net/publication/260336285

Marpaung, M. S. (n.d.). Vocabulary Enrichment through Picture Word Inductive Model (PWIM). https://doi.org/10.35974/acuity.v8i2.3123

Pionera, M., Degeng, I. N. S., Widiati, U., & Setyosari, P. (2020). Instructional methods and self-regulated learning in writing. International Journal of Instruction, 13(3), 43–60. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1334a

Rajandram, K. V., & Tharumaraj, J. N. (n.d.). Shaping Purpose-Driven Learning Through Creative Writing. In IAFOR Journal of Education: Studies in Education (Vol. 12).

Shaw, K., & Moriarty, J. (2012). Creating the Sustainable: How Can a Creative Writing Module Promote the Sustainability Agenda with the Purpose of Furnishing Undergraduates with Personal, Academic and Vocational Skills for Post-Degree Life?

Swartzendruber, K. (2007). The Picture Word Inductive Model and Vocabulary Acquisition. http://www.nichd.nih.gov/publications/nrp/report.htm

Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Ismail Sriyanto, M., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF BERMUATAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR MELALUI HYBRID LEARNING. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 11, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i3.6494

Article Metrics

Abstract views : 80 times | PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/