PENDAMPINGAN PKBM WAHYURI BERBASIS ANDRAGOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI SOSIAL DAN PERUBAHAN SIKAP WARGA DESA
Abstract
Kegiatan pendampingan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wahyuri di Desa Kenje Kecamatan Campalagian bertujuan meningkatkan partisipasi sosial dan perubahan sikap warga melalui pendekatan pendidikan orang dewasa berbasis andragogi. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli–Agustus 2025 dengan melibatkan 26 peserta yang terdiri atas warga belajar, tutor, dan pengelola PKBM. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan, penerapan teknologi, serta evaluasi. Instrumen evaluasi berupa pre–post test, observasi partisipasi, dan wawancara singkat dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada indikator pembelajaran: pemahaman konsep andragogi meningkat dari 15% sebelum kegiatan menjadi 70% setelah pelatihan, partisipasi aktif warga belajar naik dari 25% menjadi 65%, serta motivasi melanjutkan pendidikan formal maupun nonformal bertambah dari 30% menjadi 75%. Selain itu, peserta mengembangkan keterampilan dasar kewirausahaan dan literasi digital yang mendukung keberlanjutan pembelajaran di tingkat desa. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan konsep andragogi melalui PKBM efektif dalam memperkuat partisipasi sosial, menumbuhkan sikap positif, dan memperluas kesempatan belajar seumur hidup bagi masyarakat desa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, R., & Indriyani, R. (2023). Analisis Implementasi Program Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 6(1), 67–73. https://doi.org/10.56145/almubin.v6i1
Merriam, S. B., & Baumgartner, L. M. (2020). Learning in Adulthood: A Comprehensive Guide (4th ed.). Jossey-Bass.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2020). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (9th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429299612
Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Penguatan P5 Bagi Guru. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.53694/jdun.v2i1.230
Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2016). Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 11(1), 15–23.
Simanjuntak, R., Elfrianto, E., Yusmidani, Y., & Saragih, V. (2023). Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2613–2619. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.3485
UNESCO. (2022). Education for Sustainable Development Roadmap. Paris: UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802
Brookfield, S. D. (2021). The Power of Critical Theory for Adult Learning and Teaching (2nd ed.). Open University Press.
Illeris, K. (2021). Contemporary Theories of Learning: Learning Theorists… in Their Own Words (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315147277
Purnamasari, I., & Dewi, N. K. (2021). Penerapan Pendidikan Orang Dewasa untuk Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat Desa. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(2), 105–115. https://doi.org/10.21009/jpnf.162.03
Hidayat, R., & Santoso, T. (2022). Pendidikan Nonformal sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Era Digital. Jurnal Empowerment, 11(1), 12–21.
Suprijanto, H. (2020). Pendidikan Orang Dewasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliani, D., & Kurniawan, A. (2022). Efektivitas Program Kesetaraan di PKBM sebagai Alternatif Pendidikan Masyarakat Desa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(4), 234–242. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i4
Harahap, T. K., & Sos, S. (2022). Aturan dan Kebijakan dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar, 33(1), 88–97.
Brookfield, S. D. (2020). Adult Learning as Transformative Learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge Handbook of Learning Sciences (pp. 245–260). Cambridge University Press

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.