MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL, PERUNDUNGAN, DAN INTOLERANSI DALAM PENDIDIKAN

Sukmawati Sukmawati, Miftahul Jannah, Ahmad Syah, Muhammad Assaibin, Naim Irmayani, Basri Basri

Abstract


Pendidikan adalah fondasi utama bagi kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter siswa di berbagai bidang, termasuk ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan moralitas. Seiring perkembangan zaman, pendidikan juga harus terus beradaptasi, karena kemajuan pendidikan akan berkontribusi pada kemajuan negara secara keseluruhan. Oleh karena itu, pendidikan yang menjadi “rumah kedua” bagi anak-anak diharapkan dapat menjadi lingkungan yang aman dan nyaman. Namun, kenyataannya dunia pendidikan di Indonesia masih menghadapi masalah seperti kekerasan seksual, intoleransi, dan perundungan yang dilakukan oleh siswa, tenaga pendidik, maupun masyarakat di luar lingkungan sekolah. Jika tidak ditangani dengan serius, masalah ini dapat berdampak negatif pada kondisi fisik dan psikologis anak. Untuk itu, pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Rappang guna meningkatkan pemahaman siswa dalam mencegah kekerasan seksual, intoleransi, dan perundungan. Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi dan penyuluhan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pencegahan perilaku tersebut, dengan tingkat kewaspadaan yang meningkat hampir 60% setelah menerima materi.


Keywords


kekerasan seksual; intolerasi; perundungan

Full Text:

PDF

References


Arrizal, N. Z., Sari, S. D., Eviningrum, S., & Ulya, B. (2024). Sosialisasi Anti Perundungan di SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur : Siap dan Sigap Anti Bullying di Sekolah. 3(1), 50–59.

Budiono, D., & Hadi, A. P. (2022). Sosialisasi Pencegahan 3 Dosa Besar Pendidikan untuk Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman di SDN 1 Purwosekar, Kabupaten Malang. 2021, 47–51.

Burger, C., Strohmeier, D., Spröber, N., Bauman, S., & Rigby, K. (2015). “How teachers respond to school bullying: An examination of self- reported intervention strategy use, moderator effects, and concurrent use of multiple strategies”. Teaching and Teacher Education, 51, 191– 202.

Busby, L., Patrick, L., & Gaudine, A. Tiga Dosa Besar Pendidikan di SMP Pelita Al-Qur’an Wonosobo. 3(4).

Duarte, T. de M., Patias, N. D., & Hohendorff, J. Von. (2023). Crenças de Professores sobre Violência Sexual contra Crianças e Adolescentes. Psico-USF, 27, 635–648.

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/.

Khandpur, G. (2015). Fat and thin sex: fetishised normal and normalised fetish. M/C Journal, 18(3).

Mohamad Anas, Galieh Damayanti, Destriana Saraswati, & Albar Adetary Hasibuan. (2024). Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Penguatan Karakter Toleransi Pada Generasi Z. Wisesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.21776/ub.wisesa.2024.03.1.9

Nuriafuri, R., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam upaya pencegahan terjadinya 3 dosa besar dunia pendidikan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 659–669.

Rueda, P., Pérez-Romero, N., Cerezo, M. V., & FernándezBerrocal, P. (2022). The role of emotional intelligence in adolescent bullying: A systematic review. Psicología Educativa. Revista de Los Psicólogos de La Educación, 28(1), 53–59.

Suyud, R., Syam, E., & An, M. Y. (2023). Rekognisi Moderasi Beragama Melalui Deklarasi Traumatik: Kekerasan Seksual Pada Remaja”. Timaiya, 2(1), 63–89.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i3.6736

Article Metrics

Abstract views : 84 times | PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/