Sifat Fisik Buah Kakao (Theobroma cacao .L) Terhadap Pengaplikasian Teknik Sambung Samping

Nurhaya Kusmiah, Fitrianti Fitrianti, Muh. Arman Yamin

Abstract


Kakao merupakan komoditas pertanian yang berperan dalam  peningkatan pendapatan Negara, namun permasalahan yang saat ini dihadapi yaitu rendahnya kualitas fisik dari buah kakao, hal ini dipicu dari banyaknya tanaman kakao yang saat ini tidak lagi produktif, sehingga diperlukan pengaplikasian teknik sambung samping dalam hal meregenerasikan kembali tanaman kakao Indonesia Khususnya Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui sejauh mana pengaplikasian teknik sambung samping pada tanaman kakao dapat meningkatkan kualitas tanaman kakao, dilihat dari ukuran panjang, berat dan diameter buah kakao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok, dengan 3 perlakuan penggunaan entris yang berbeda, diantaranya, entris S1 (Sulawesi 1), entris S2 (Sulawesi 2), dan entris MCC (45), serta Lokal (Tanpa Pengaplikasian Teknik Sambung Samping) sebagai sampel kontrol dengan parameter yang diuji yaitu Berat buah, panjang buah dan diameter buah Kakao. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS ver. 21 menggunakan analisis Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berat buah kakao dengan teknik sambung samping menggunakan entries MCC paling tinggi dengan nilai rata-rata 745 gr, sedangkan  berat paling rendah yaitu S1 dengan nilai 488 gr. Untuk pengujian panjang buah, hasil menunjukkan bahwa entries MCC paling tinggi dengan nilai 21,2 cm, dan terendah yaitu entries S1 dengan nilai 20 cm, sedangkan parameter diameter buah diperoleh hasil tertinggi pada MCC dengan nilai 9,2 cm dan terendah yaitu S1 dengan nilai 8 cm. Dari perbandingan parameter uji dengan perlakuan dan sampel kontrol, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengaplikasian Teknik Sambung Samping pada Tanaman Kakao dengan menggunan entris yang berbeda, berpengaruh nyata terhadap Berat, Panjang dan Diameter Buah Kakao.


Keywords


entris , teknik sambung samping, buah kakao, kulitas fisik

Full Text:

PDF

References


Anggita Tresliyana, Anna Fariyanti, dan Amzul Rifin (2015) Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Badan Litbang.Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian

BPS Prov. SulSel. (2015). Statistik Daerah Prov. SulSel 2015. http://sulsel.bps.go.id website/pdf_ publi kasi/Statistik- Daerah- Provinsi-.

Firdaus, 2015. Teknologi Sambung Samping dapat Meningkatkan Produktivitas Kakao Petani di Provinsi Aceh. http://nad.litbang.pertanian.go.id. Diakses pada tanggal 6 April 2015: Makassar.

Hatmi, R. U., & Rustijarno, S. (2012). Teknologi Pengolahan Biji Kakao Menuju SNI Biji Kakao 01-2323-2008. BPTP Yogyakarta

Mulato, S., Widyotomo, Misnawi, Sanali, dan E. Suharyanto. (2004). Petunjuk Teknis Pengolahan Produk Primer dan Sekunder Kakao. Bagian ProyekPenelitian dan Pengembangan Kopi dan Kakao, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Nasution, MZ, Tjiptadi W dan Laksmi BS. (1985). Pengolahan Cokelat. Bogor: Agroindustri Press.

Organization, I. C. (2017). Daya Saing Kakao Indonesia Di Pasar Internasional 1995-2015, International Cocoa Organization.

Perkebunan, D. J. (2016). Statistik Perkebunan Indonesia Kakao 2015-2017. Jakarta, Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan.

Puspita, R., et al. (2015). "Pengaruh Produksi Kakao Domestik, Harga Kakao Internasional, Dan Nilai Tukar Terhadap Ekspor Kakao Indonesia Ke Amerika Serikat (Studi pada Ekspor Kakao Periode Tahun 2010-2013)" Jurnal Administrasi Bisnis 27.

Retno U. H, Makhmudun A. dan Anggro C. S. 2018. Analisis Sebaran Tipe dan Performa Mutu Fisik Kakao Pada Tiga Rentang Elevasi.Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta. Departemen Teknolgi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

Widyotomo, S., Mulato, S., & Handaka. (2004). Mengenal Lebih Dalam Teknologi Pengolahan Biji Kakao. Warta Litbang Pertanian, 26, 5-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v5i2.1743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

     

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.