Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PERSYARATAN UMUM:

  1. Penulis telah memastikan bahwa naskah yang diajukan belum pernah diterbitkan dan atau tidak sedang dalam proses evaluasi publikasi lain;
  2. Telah mendapat persetujuan dari ko-penulis, jika ada, sebagai pihak yang sama-sama bertanggung jawab terhadap naskah.
  3. Isi naskah dalam penyajian keilmuan merupakan tanggung jawab penulis , sehingga penerbit tidak akan bertanggung jawab terhadap klaim atau permintaan kompensasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan isi naskah tersebut.
  4. Naskah yang diajukan diwajibkan dikirim secara elektronik dengan sistem submission yang telah disiapkan sistem dengan terlebih dahulu melakukan registrasi sebagai penulis.
  5. Naskah yang diajukan harus dalam kondisi baik, diketik sesuai standar penulisan dan template yang disediakan.

 

ATURAN UMUM

Penulisan artikel menggunakan format dua kolom. Bab artikel : 1. Pendahuluan, 2. Kerangka Teori dan seterusnya ditulis dengan Time New Roman 10 Bold, isi artikel dengan Time New Roman 10, sedangkan sub bab artikel ditulis dengan Time New Roman 10 miring. Makalah ditulis dalam huruf Time New Roman dalam bentuk softcopy dengan format ukuran kertas A4. Batas tepi adalah atas = 2 cm, bawah = 2,26 cm, sisi = 1,5 cm. Lebar kolom adalah 8,6 cm, jarak antara dua kolom adalah 0,8 cm. Ukuran paragraf menjorok adalah 0,35 cm. Tiap kolom diatur rata kiri-kanan. Gunakan tabel dan gambar dengan penyesuaian terhadap panjang lebar kolom. Pada halaman terakhir dari makalah harus diatur panjang lebarnya agar sama besar.

Gambar dan Tabel

Posisi gambar dan tabel berada pada awal atau akhir kolom. Hindari penempatan pada tengah kolom. Gambar besar dan tabel dapat diperlebar memenuhi kedua kolom.  Judul gambar ditempatkan di bawah gambar dengan posisi rata tengah. Judul tabel berada di atas tabel dengan posisi rata kanan kiri (justify). Hindari penempatan gambar dan tabel sebelum disebutkan di teks. Label sumbu-sumbu koordinat pada gambar berupa grafik dibuat untuk mudah dimengerti. Gunakan kata dari pada huruf simbolnya. Sebagai contoh, tulis “Kemagnetan,” atau “Kemagnetan (M)” dari pada  hanya menggunakan “M.” Tempatkan unit dalam tanda kurung, dan jangan memberi label pada sumbu koordinat hanya dengan unit. Sebagai contoh, tulis  “Kemagnetan (A/m)” atau “Kemagnetan (A⋅m1).” Jangan memberi label pada sumbu koordinat dengan rasio atau kuantitas dan unit. Sebagai contoh, tulis “Temperature (K),” bukan “Temperature/K.” Untuk contoh simbol pengali adalah “Kemagnetan (kA/m)” atau “Magnetization (103 A/m).” Label gambar harus dapat dibaca, besarnya sekitar 10-point.

Tabel dibuat dengan tidak memperlihatkan garis tepi tabel seperti contoh pada Tabel 1.

 

Pustaka Rujukan

Pustaka rujukan dalam makalah ditulis dengan mencantumkan nama penulis dan tahun. Jika terdapat  3 (tiga) atau lebih penulis, gunakan “Penulis pertama, et al.”. Contoh dan cara penulisan penulisan: "..... seperti pada Hammer (2002),  Evans dan Lindsay (2005), Linderman et al. (2003, 2006)  ....". "....dalam  tahun terakhir (Johnson, 2005; Douglas and Erwin, 2000; Raisinghani et al, 2005) ". Rujukan pada awal kalimat : "Evans dan Lindsay (2005) ...... ".

 Makalah yang belum pernah dipublikasikan, termasuk yang telah diajukan untuk publikasi, harus ditulis sebagai kutipan “unpublished” (Mustafid, 2011). Makalah yang telah diterima untuk publikasi harus ditulis sebagai kutipan “in press” (Mustafid dan Sugiharto, 2011). Untuk makalah yang dipublikasikan pada jurnal terjemahan bahasa lain, pertama berikan kutipan dalam bahasa Indonesia, selanjutnya menyusul bahasa penerbitannya (Douglas and Erwin, 2000). Penulisan daftar pustaka, Nama Penulis diurutkan sesuai dengan urutan Abjad, dan dapat dilihat pada contoh daftar pustaka pada panduan ini.

Singkatan dan Akronim

Definisikan singkatan dan akronim pada kali pertama mereka menggunakan pada makalah, bahkan jika telah didefinisikan di abstrak. Singkatan yang sudah sangat dikenal tidak perlu didefinisikan. Jangan gunakan singkatan pada judul kecuali jika benar-benar tak dapat dihindari.

 Persamaan

Penomoran persamaan dilakukan secara berurutan, dengan nomor persamaan ditulis di dalam tanda kurung dan rata kanan, contohnya (1). Untuk penulisan kuantitas dan variabel gunakan simbol Italic Roman. Gunakan tanda dash  (–) untuk menandakan tanda minus. Gunakan tanda kurung  ( ) bagian penyebut atau pembagi untuk menghindarkan kekeliruan. Berilah tanda baca koma pada persamaan jika persamaan tersebut berada dalam kalimat.

Jika persamaan disebutkan dalam suatu kalimat maka cukup menuliskan “(1),” atau “persamaan (1),” kecuali pada awal kalimat tidak dituliskan dengan memakai tanda koma setelah tanda kurung. Contohnya “Persamaan (1) adalah…”

 Lain-lain  

Penggunaan Tanda numerik  Roman untuk penomoran bab atau sub-bab adalah bersifat pilihan. Jika menggunakan tanda numerik Roman, maka bagian Pustaka Rujukan dan bagian ucapan terima kasih serta sub-judul atau sub-bab tidak ditandai dengan huruf. Gunakan dua spasi untuk memisahkan antar sub-bab.  Gunakan tanda penghubung pada kata-kata yang dimodifikasi: ”zero-field-cooled magnetitation”, hindari susunan kalimat yang tidak beraturan seperti, “Dengan menggunakan (1), beda potensial telah dihitung”, penulisan yang baik ialah “beda potensial dihitung dengan menggunakan persamaan (1),” atau “dengan persamaan (1), kita hitung beda potensial”.

Angka desimal gunakan angka nol sebelum titik untuk menuliskan angka desimal: ”0,25”. Gunakan  “cm3,” bukan “cc.” Tidak mencampurkan kata seutuhnya dengan singkatan dalam penulisan besaran fisis, misalnya: “weber/m2” melainkan “Wb/m2”. Gunakan kata seutuhnya ketika menulis unit satuan fisis dalam suatu kalimat: “beberapa henry..”. 

 

METODOLOGI

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan  mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

 

HASIL

Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.

 

KESIMPULAN

Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

(Daftar Pustaka ditulis dengan Time New Roman, 8. Nama Penulis diurutkan sesuai dengan urutan Abjad )

 

Artikel jurnal: (Times New Roman, 8)

Anderson, S.D., 1992. Project quality and project managers. International Journal of Project Management 10 (3), 138–144.

Benner, M.J., Tushman, M.L., 2003. Exploitation, exploration, and process management: the productivity dilemma revisited. Academy of Management Review 28 (2), 238–256.

Choo, A.S., Linderman, K.W., Schroeder, R.G., 2007a. Method and context perspectives on learning and knowledge creation in quality management. Journal of Operations Management 25 (4), 918–931.

Choo, A.S., Linderman, K.W., Schroeder, R.G., 2007b. Method and psychological effects on learning behaviors and knowledge creation in quality improvement projects. Management Science 53 (3), 437–450.

 

Buku :

Christensen, C.M., 1998. The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Harvard Business School Press, Boston, MA.

Deming, W.E., 1986. Out of Crisis. MIT Center for Advanced Engineering Study, Cambridge, MA.

 

Buku Kompilasi (edited book)

Duncan, R.B., 1976. The ambidextrous organization: designing dual structures for innovation. In: Kilmann, R.H., Pondy, L.R., Slevin, D. (Eds.), The Management of Organization, vol. 1. North-Holland, New York, NY, 167–188.

 

 Prosiding seminar:

Clare, L., Pottie, G., Agre, J., 1999.  Self-organizing distributed sensor networks, Proceedings SPIE Conference Unattended Ground Sensor Technologies and Applications, vol. 3713, Orlando, April 8, 229–237.

 

Skripsi/tesis/disertasi:

Heinzelman, W., 2000.  Application-specific protocol architectures for wireless networks, Ph.D. dissertation, Massachusetts Institute of Technology, Cambridge.

 

Internet:

Honeycutt, H., 2011.  Communication and Design Course, 1998. Website: http://dcr.rpi.edu/commdesign/class1.html, diakses tanggal 3 Maret.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.