Uji berbagai Sistem Tanam terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Padi (Oryza sativa L.)

Makmur Makmur, Harli A. Karim, Hasanuddin K, Suryadi Suryadi

Abstract


Tanaman  padi merupakan tanaman penting dan strategis di Indonesia. Kebutuhan pangan khususnya beras mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu unsur iklim yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi padi adalah curah hujan. Produktivitas rata-rata tanaman padi berkisar 5,14 t /ha.  Padahal, potensi produktivitas tanaman padi dapat mencapai 10-11 t/ha.  Salah satu penyebabkan rendahnya produktivitas tersebut adalah sistem tanam yang belum tepat. Upaya yang bisa diakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menguji berbagai sistem tanam yang sering digunakan petan.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji berbagai sistem tanam ( SRI, Jajar Legowo 2:1, Hazton, Tegel, Tabela dan Hambur) terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar selama ± 4 bulan dimulai dari  Mei-Juli 2020 dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok  yang terdiri dari faktor sistem tanam dengan 6 perlakuan yaitu System Rice Intensification (SRI), Legowo 2:1, Hazton, Tegel, Tanam Benih Langsung dan Hambur. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga ada 18 petak penelitian. Analisis statistik dilakukan dengan uji F pada taraf nyata 5 %. Jika F hitung lebih besar dari F tabel 5 %, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Pengamatan dilakukan terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan vegetatif dan produktif, jumlah gabah isi tiap malai, Panjang malai, jumlah gabah permalai, berat gabah 1000 biji, hasil perpetak dan Hasil per hektar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem tanam tabela menunjukkan rata-rata tinggi tanaman terbaik pada umur 45 HST dan 60 HST. Padi yang ditanam menggunakan legowo menghasilkan produktivitas  13.07 ton/ha. Hasil tersebut merupakan hasil tertinggi diabandingkan dengan sistem tanaman lainnya yaitu tegel (12.60 ton/ha), hazton (12.08 ton/ha), sistem SRI (11.67 ton/ha), tabela (9.91ton/ha) dan hambur (8.56 ton/ha).

Keywords


uji, sistem tanam, produktivitas, padi

Full Text:

PDF

References


Armansyah, S., & Anggraini, R. (2009). Pengaruh periode pengenangan air terhadap pembentukan jumlah anakan pada tanaman padi (oryza sativa) dengan metode SRI (The System of Rice Intensification). Laporan Penelitian Dosen Muda. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Padang.

Badan Pusat Statistik. 2018. Data Pokok Polewali Mandar 2017. Polewali Mandar

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2013. Sistem Tanam Legowo. Kementerian Pertanian.

Barkelaar, D. 2001. Sistem Intensifikasi Padi (The System of Rice Intensification) : Sedikit dapat Memberi Lebih Banyak. Buletin ECHO Development Notes, Januari 2001. Terjemahan Oleh Indro Surono, Staf ELSPPAT. 2008. 1-6 hal.

Debby Eka. 2018. Cara Penanaman Padi. Diakses dari http://pemudatani.html pada tanggal 15 April 2018

Giamerti, Y. dan Yurzak Z. 2011. Keragaan Komponen Hasil dan Produktivitas Padi Sawah Varietas Inpari 13 pada berbagai Sistem Tanam. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten.1-8 hal.

Jumin, H. B. 2002. Agroekologi; Suatu Pendekatan Fisiologi. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 154 hal.

Lestari, A. 2012. Uji Daya Hasil Beberapa Varietas Padi (Oryza Sativa L.) Dengan Metode SRI (The System of Rice Intensification) di Kota Solok.

Makarim, A.K dan Ikhwani. 2012. Teknik Ubinan, Pendugaan Produktivitas Padi menurut Jarak Tanam. Puslitbang Tanaman Pangan.Bogor. 44 hlm.

Pitojo, Setijo. 2003. Bertanam Padi Sawah Tabale. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ridwan. 2000. Pengaruh Populasi Tanaman dan Pemupukan P Pada Padi Sawah Dengan Sistem Tanam Jajar Legowo. Dalam Prosiding Seminar Nasional 2000. Buku I. BPTP Sukarami. Padang. 62 hal.

Rozen, N. 2009. Metode Penanaman Padi dengan Sistem SRI. 25 hal

Trias, 2014. Wujudkan Kemandirian Pangan. Kalimantan Barat.

Uphoff, N dan Fernandes. 2003. Sistem Intensifikasi Padi Terbesar Pesat. 31 Warren Hall, Comell University. 15-16 hal.

Usman. Z, Made. U, Adrianton. 2014. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) pada Berbagai Umur Semai dengan Teknik Budidaya SRI (System of Rice Intensification). Agrotekbis 2(1):32-37. Palu. ISSN:2338-3011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v5i2.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

     

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.