Produktivitas Fodder Jagung Sebagai Pakan Ternak Ruminansia Dengan Penggunaan Pupuk Organik Cair

Nurwahidah Jamaluddin, Ulva Dianasari, Santi Santi

Abstract


Tanaman fooder jagung merupakan sangat membantu dalan peternakan ruminansia dalam kondisi lahan terbatas. Kualitas fooder itu sendiri sangat bergantung pada unsur hara media. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji produksi fodder jagung   dengan penggunaan pupuk organik cair pada level yang berbeda dan mengamati potensi  kandungan nutrien pada fodder jagung untuk dijadikan pakan ruminansisa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Dengan perlakuan sebagai berikut A: Media tanaman hidroponik dengan penambahan pupuk cair (POC) komersial 0.5%, B: Media tanaman hidroponik dengan penambahan pupuk cair (POC) komersial 1%, C: Media tanaman hidroponik dengan penambahan pupuk cair (POC) komersial 1.5%, D: Media tanaman hidroponik  dengan penambahan pupuk cair (POC) komersial 2 %. Variabel  yang diamati yaitu produksi(berat panen), tinggi tanaman, berat basah(gram) dan berat kering (gram) fodder jagung dengan penggunaan pupuk organic cair pada level yang berbeda. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu  berpengaruh nyata ( P<0.05) terhadap produksi fodder jagung dan tinggi fodder jagung, tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap berat basah  fodder jagung dan berat kering fodder jagung.

             


Keywords


Fodder; Jagung; Produktivitas

References


Afzal, M. A., A. Ahmad. and A. U. H. Ahmad. 2012. Effect of Nitrogen On Growth And Yield of Sorghum Forage (Sorghum bicolor L Moench CV) Under Three Cuttings System. Journal Cercetari Agronomice in Moldova. 45(4): 57-64.

Djajanegara et al. 1998. Ketersediaan air, jenis perendaman, lama perendaman dan pemupukan pada media sangat berpengaruh terhadap produksi Bahan Kering.IPB. Bogor

Gardner, F. P., R. B. Pearce. dan R. L. Mitchell. 2008. Fisiologi Tanaman Budidaya. Terjemahan UI Press. Jakarta.

Herdiawan, I. dan Krisnan R. 2014. Produktivitas dan Pemanfaatan Tanaman Leguminosa Pohon Indigofera zollingeriana pada Lahan Kering. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

Fahmi A, Syamsudin, Utami SNH, Radjagukguk B. 2010. Pengaruh interaksi hara nitrogen dan fosfor terhadap pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L) pada tanah regosol dan latosol.Berita Biologi. 10 (3):297-304

Rahman, A. 2009. Pengaruh Komposisi Campuran Arang Kulit Kakao Dan Arang Pelepah Kelapa Terhadap Karakteristik Biobriket. Tesis S2 Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Sutedjo, R. 2002. Pertanian Organik Menuju Pertanian Alternatif dan Berkelanjutan. Penerbit Kasinius. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v8i1.2614

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

       

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.