KUALITAS FISIK ORGANOLEPTIK PERMEN TERNAK (UREA MOLASES MULTINUTRIENT BLOCK) DENGAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

IRMAYANTI IRMAYANTI, Siti Nuraliah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kualitas fisik organoleptik UMMB (Urea Molases MultiNutrien Block)  berbasis bahan lokal sebagai pakan suplemen. Uji organoleptik dilakukan dengan cara memberikan penilaian pada tiap perlakuan yang dilakukan oleh panelis semi terlatih sebanyak 20 orang. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan taraf signifikansi 5%, terdiri atas empat perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah P0: Penyimpanan 0 hari (Kontrol), P1: Penyimpanan 2 minggu, P2: Penyimpanan 4 minggu, dan P3: Penyimpanan 8 minggu. Variable yang diamati yaitu aroma, tekstur, warna, dan keberadaan jamur. Hasil penelitian tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan (P>0.05) terhadap nilai rata-rata warna dan aroma dan berpengaruh signifikan (P<0.05) terhadap nilai rata-rata tekstur dan keberadaan jamur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa UMMB dengan lama penyimpanan sampai 4 minggu menunjukkan hasil yang baik ditinjau dari hasil uji organolepti meliputi tekstur warna, aroma, tekstur dan keberadaan jamur.


References


Christi, R. F., Rochana, A. dan Hernaman, I., 2018. Kualitas fisik dan palatabilitas konsentrat fermentasi dalam ransum kambing perah peranakan Etawa. Jurnal Ilmu Ternak. 18 (2), 121-125.

Fardana, D.H., B.I.M. Tampoebolon, E. Pangestu, Widiyanto dan R.I. Pujningsih., 2019. Evaluasi pemberian pakan dengan jumlah multinutrien blok yang berbeda sebagai suplemen terhadap performans kambing kacang. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah. 1 (17), 88-99.

Macaulay, A., 2004. Evaluating Silage Quality. http://www.agric.gov.ab.com. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2022.

Nuningtyas, Y.F., P.H. Ndaru, P.H., dan A.N. Huda., 2019. Pengaruh Perbedaan Molases Sebagai Penyusun Urea Molases Blok (UMB) Terhadap Kualitas Fisik Pakan. Jurnal Nutrisi Ternak Tropis. 2 (1), 70-74.

Prasetiyono, C., 2014. Teknik Pengolahan UMB (Urea Molases Block) untuk Ternak Ruminansia. Loka Pengkajian Teknologi Pertanian. Kepulauan Riau.

Utomo, R., 2012. Evaluasi Pakan Dengan Metode Noninovatif. Yogyakarta. PT Citra Aji Parama.

Widiastuti, R. 2013. Kualitas pellet berbasis sisa Pangan Foodcourt dan Limbah sayuran fermentasi sebagai bahan pakan fungsional ayam broiler. Disertasi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Yanuartono, S. Indarjulianto, A. Nururrozi, H. Purnamaningsih., 2019. Urea molasses multinutrien blok sebagai pakan tambahan pada ternak ruminansia. Jurnal Veteriner. 20 (3), 445-451.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v8i1.3873

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

       

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.