Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Lokasi Wisata Cimory

JAKARIAS RIAN RIMPASA, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Tourist satisfaction in visiting Cimory Bawen tourist sites needs to be increased by providing tourist attractions, good service quality and product quality from these tours. The purpose of this study was to determine the factors that influence the satisfaction of tourists visiting Cimory Bawen tourist sites. This research was conducted at the Cimory Bawen Tourism Site, Jalan Raya Soekarno Hatta, Km.30, Bergas, Jatijajar, Semarang. This type of research is a quantitative research. Source of data using primary data. Sampling technique with accidental sampling. The number of samples is 40 people. Data analysis method using classical assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing with simultaneous test (F-test) and partial test (t-test) using SPSS software. The results showed that attractiveness, service quality and product quality affect the satisfaction of tourists visiting Cimory Bawen tourist sites.

 


Keywords


Attractiveness, Service Quality;Product Quality; Tourist Satisfaction

References


Ashraf, E., &Venugopalan, K. (2018). Service Quality and Customer Satisfaction: A Comparison Between Public Sector and Private Sector Bank In Kerala. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR).5 (3). 567-572.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi ke-2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gremler, D., Bitner, M.J., dan Zeithaml, V. A. 2012. Services Marketing. New York: McGraw Hill. Jakarta: Komunika Jaya Pratama.

Huda. S & Ikhwan. J. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Mengunjungi Pantai Zakat di Kota Bengkulu. kombis Review. 6 (1) 32 – 44.

Indrawati. M. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengunjung di Kebun Binatang Surabaya. Jurnal NeO-Bis. 7 (1) 1-10

Kalebos. F. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 ,No.3, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan 2016: 489-502

Kotler, P & Keller.. K. L. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Kotler. P. & Armstrong. G. 20116. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Kuncoro, M. 2015. Otonomi dan Pembangunan Daerah, Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang. Jakarta: Erlangga.

López, E. A., Requenaa, I. G. & Loberaa, A. S., 2015. Lean Service: Reassessment Of Lean Manufacturing For Service.

Masyono. S. A. 2015. Strategi Pengembangan Sektor Kepariwisataan Di Kabupaten Lampung Timur. DERIVATIF Vol. 9 No. 1, April 2015. Hlm. 129-139

Mattufajar. N. G. 2019. Analisis Potensi Pariwisata Di Obyek Wisata Kahyangan Di Kecamatan Tirtoyomo Kabupaten Wonogiri Tahun 2018. Skripsi. Program Studi Geografi Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nuriata. 2014. Paket Wisata, Penyusunan Produk dan Penghitungan Harga. Bandung: Alfabeta.

Nursila, G. 2016. Pariwisata Berbasis Masyarakat Pasar Buah Berastagi. Malang: Temu Ilmiah IPLBI.

Purwoko, B. A. 2016. Kepuasan dan Loyalitas: Perspektif Kualitas Layanan.

Rizkia, N. 2017. Peran Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Pemeliharaan Objekwisata Air Panas Di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2017, 5(2):571 -582

Sopyan. I.W. (2015). Anteseden Minat Berkunjung Ulang (Studi pada Cagar Budaya Bedung Lawang Sewu Semarang). Diponegoro Journal Of Management 4 (2) 1-9

Sudiarta, I. N. dan Suardana,I. W. 2014. "Model Konseptual Perilaku Wisatawan Mancanegara Pada Suatu Destinasi Pariwisata: Studi Kasus Bali Sebagai Destinasi Pariwisata Internasional." Vol. 5 No.1.5.1

Sugiyono. 2014. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2017. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahid, A. 2015. Strategi Pengembangan Wisata. Bandung. Alfabeta.

Skripsi/tesis/disertasi:

Yuniningsih, T. 2018. Analisis Jaringan Aktor Dalam Implementasi Kebijakan Pengembangan Wisata Kota Semarang. Disertasi. FISIP, DAP, Universitas Diponegoro, Semaran

Internet:

Magdalena, K. 2013. Jenis-Jenis Akomodasi. Diunduh dari: https://katrinmagdalena73.blogspot.com/.Html diakses: 22 agustus 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v8i1.3877

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

       

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.