Faktor-faktor sosial-ekonomi yang mempengaruhi tingkat efisiensi teknis usahatani jagung pakan ternak di Kabupaten Pasaman Barat

Risky Meyranti, Rahmat Syahni, Faidil Tanjung

Abstract


Kebutuhan akan komoditi jagung terus meningkat seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan kebutuhan agroindustri pakan namun produksi jagung masih rendah dikarenakan penggunaan faktor produksi yang belum optimal. Penggunaan faktor produksi ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor sosial-ekonomi petani jagung yang berdampak pada pengelolaan dan penggunaan input produksi pada usahatani jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan input produksi pada usahatani jagung dan analisis faktor-faktor sosial-ekonomi terhadap tingkat efisiensi teknis jagung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan survei, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kusioner dan wawancara kepada 60 petani responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pasaman Barat. Analisis data yang digunakan yaitu Model Regresi Tobit dengan menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE). Dari hasil analisis diketahui bahwa faktor-faktor sosial-ekonomi yang berhubungan positif dan signifikan terhadap tingkat efisiensi teknis usahatani jagung pakan ternak di Kabupaten Pasaman Barat (taraf sig = 0,05) yaitu umur, tingkat pendidikan dan pengalaman berusahatani jagung.

 

Keywords  : Jagung, Faktor-faktor sosial-ekonomi, Regresi Tobit


Keywords


Jagung; Faktor-faktor sosial-ekonomi;, Regresi Tobit;

References


Aini, L. M. 2019. Penentuan Provinsi-provinsi Terbaik Dalam Produksi Jagung Nasional Melalui Analisis Kuadran Atas Variabel Produksi Per Satuan Luas Lahan. Jurnal Ekonomi Pertanian Agribisnis (JEPA), 3 (4), 751-760. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Amandasari, Nurmalina R., Rifin, A. 2014. Efisiensi Usahatani Jagung Manis di Desa Gunung Malang Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). [Tesis]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2011-2020. Statistika Indonesia. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Bakhsh, K, Ahmad B, dan Hassan S. 2006. Food Security Through Increasing Technical Efficiency. Asian Journal of Plant Sciences. 5(6): 970-976.

Remedy, T. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Usahatani Jagung si Kecamatan Ranggen Kabupaten Denmark.[Skripsi].Universitas Diponegoro. Semarang.

Wilson P, Hadley D, Ramsden S, Kaltas I. 1998. Measuring and Explaining in UK Potato Production. Journal Of Agricultur Economic. 24:329-338

Yulyani, Andi., Sri Hartoyo, Sri Utami, I Wayan R. 2014. Analisis Efisiensi Teknis, Efisiensi Alokatif dan Efisiensi Ekonomi Usahatani Jagung Berdasarkan Varietas di Provinsi Gorontalo. Jurnal Agro Ekonomi. 32(1):1-12.

Yusuf SA, Malomo O. 2007. Technical Effeciency og Poultray egg Production in Ogun State : A DEA Apporach. Internasional Journal Of Poultray Science. 6(9) : 622-629.

Yuyani A, Hartono S., Kuncoro S. 2013. Analisis Efisiensi Teknis, Efisiensi Alokatif dan Efisiensi Ekonomi Jagung Berdasarkan Vaeietas Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Agroekonomi Volume 32 No. 1 hal. 1-12. Gorontalo : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v8i1.3953

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

       

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.