Strategi Pemasaran Keripik Talas Di Kelurahan Banyorang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng

Andi Nurlaila Ap, Andi Rahayu Anwar, Andi Amran Asriadi

Abstract


Keripik talas adalah makanan yang terbuat dari talas yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran keripik talas dan menganalisis strategi pemasaran keripik talas di Kelurahan Banyorang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Dalam penelitian menggunakan secara informan yang akan diambil dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) usaha terdiri dari: pemilik usaha 4 (empat) orang yang berada di Kelurahan Banyorang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan kuantitatif dengan pendekatan SWOT mengetahui kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) organisasi dan mengetahui peluang (opportunity). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal nilai kekuatan sebesar 2,00 lebih besar dibandingkan dengan nilai kelemahan sebesar 1,84, faktor eksternal nilai peluang sebesar 2,04 lebih besar dengan nilai ancaman sebesar 1,88. Hal itu menunjukkan bahwa usaha pemilik keripik talas memiliki mempunyai peluang yang sangat besar berada pada titik (0,16 ; 0,16) kuadran 1. Sedangkan strategi pemasaran serta penerapan strategi telah memberikan dampak pada peningkatan keuntungan yang didapat. Dengan menggunakan 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion), sehingga pemilik usaha keripik talas telah berhasil meningkatkan penjualannya secara signifikan

Keywords


Strategi; Pemasaran; Keripik Talas

Full Text:

PDF

References


Gadhang Pangenggar, Wahyu Hidayat, S. N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 155–163. https://doi.org/ 10.14710/jiab.2016.10396.

Helmayuni, H., Firnando, E., & Putri, N. N. (2022). Strategi Pengembangan Produksi Keripik Talas (Studi Kasus Pada Usaha Rumah Tangga Khalista Di Tanah Sirah Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok). Journal MISSY (Management And Business Strategy), 3(2), 39–47. https://doi.org/10.24929/missy.v3i2.2289.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maryanto, I, Rahajoe, J.S., Munawar, S.S., Dwiyanto, W., Asikin, D., Ariati, S. ., & Sunarya, R. & D. S. (2013). Bioresources: Untuk Pembangunan Ekonomi Hijau. LIPI Press, Anggota Ikapi. http://103.44.149.34/elib/assets/buku/bioresources.

Mauli Siagian. (2022). Pengantar Manajemen. https://books.google.co.id/books?id=sryjeaaaqbaj&pg=pa219&dq=inauthor:+mauli+siagian,+s.kom.,+m.si.;+sunargo,+s.e.,+m.sc.;+m.+khoiri,+s.pd.,+m.pd.;+triana+ananda+rustam,+s.e.,+m.m.;+dr.+wasiman,+s.e.,+m.m.&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=x&ved=2ahukewjy0.

Muh Haidir Hakim, Aulia Saraswati, & Dian Ayu Zulfina. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Penjualan Keripik Keladi (Studi Kasus: UD. Karmina Kota Sorong). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.55606/ juitik.v2i1.200.

Muladi Muladi, Ahmad Syatir, & Wiri Wirastuti. (2023). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Keripik Talas Desa Padende Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 224–232. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1261.

Permana, J., & Adji, W. H. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Khanza Barokah Minimarket. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, Vol.5(No.2), 1692–1701. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1387.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT. Teknik Membenah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=uhv8z2se57ec&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false.

Rinawati, D. I., & Purnama, A. B. (2018). Penerapan Strategi Marketing Menggunakan Analisis SWOT Dan Perancangan Website (Studi Kasus: UD. Wayang). Industrial Engineering Online Journal, 6(4), 6–4. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ ieoj/article/view/20544.

Sudomo, A., & Hani, A. (2014). Produktivitas Talas (Colocasia Esculenta L. Shott) di Bawah Tiga Jenis Tegakan Dengan Sistem Agroforestri di Lahan Hutan Rakyat. Jurnal Ilmu Kehutanan, 8(2), 100–107. https://doi.org/10.22146/jik.10166.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. In Andi Publisher.https://www.researchgate.net/ publication/ 316829743_strategi_pemasaran.

Yarden, Y., & Tapparan, S. R. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Kripik Talas Fitri di Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(2), 227–246. https://doi.org/10.47178/jesit.v2i2.1442.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v10i1.5738

Article Metrics

Abstract views : 140 times | PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

       

   

Member of:

 


Mitra Asosiasi:

Peragi


 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

https://ihdn.ac.id/