Pengaruh Umur Pemindahan Serta Jumlah Bibit pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oriza sativa L.)

Kun Rawan Sari, Umar Battong, Ardi Sukiman

Abstract


Uji Pengaruh Umur Pemindahan Serta Jumlah Bibit pada Pertumbuhan dan  Hasil Tanaman Padi (Oriza sativa L.) Tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Umur Pemindahan dan Jumlah Bibit  Serta Intraksinya Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi. Di laksanakan di Desa Pepara Kecamatan Tanah Grorot Kabupaten Paser Pada Tanggal 27 September 2018 Sampai 24 Januari 2019. Dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua factor Yaitu Berbagai Umur Pemindahan terdiri tiga taraf yaitu Umur Pemindahan umur 7 hari (w1), umur 14 hari (w2) dan 21 hari (w3) sebagai faktor pertama  dan Jumlah Bibit  terdiri tiga taraf yaitu diantaranya  1 bibit (j1), 2 bibit (j2) dan 3 bibit (j3) sebagai faktor kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Umur Pemindahan (W) berpengaruh tidak nyata pada semua parameter, sedangkan perlakuan Jumlah Bibit (J) berpengaruh sangat nyata pada pengamatan jumlah anakan padi pada umur 2, 4  minggu setelah tanam dan berat 1000 biji gabah. Interaksi terhadap perlakuan umur pemindahan dan jumlah bibit berpengaruh tidak nyata pada semua parameter pengamatan dari tinggi tanaman hingga akhir pengamatan berat 1000 biji gabah.


Keywords


media ember;umur pemindahan;padi sawah

Full Text:

PDF

References


Abdullah,s. 2004. Pengaruh perbedaan jumlah dan umur bibit terhadap pertumbuhan dan hasil padi sawah. Dalam lamid , Z., et al. (penyunting). Prosiding nasional penerapan agroinovasi mendukung ketahanan pangan dan agribisnis. Sukarami 10-11 agustus 2014. Kota Palembang. Sumatra Selatan.

Alfandi1, Dukat2 dan Elon Hermawan3.2016. Pengaruh Pengaturan Jarak Tanam dan Umur Bibit Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Kultivar Mekongga. Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati. Cirebon Jawa Barat.

Dachban dan Dibisono. 2010. Pengaruh sistem tanam, varietas jumlah bibit terhadap pertumbuhan dan hasil padi sawah (Oriza sativa L.). Jurnal Ilmiah Pendidikan Tinggi. Sumatra Utara

Dinas Pertanian. 2017. Luas panen dan produksi padi dan palawija Kabupaten Paser. Tanah Grogot.

Erihan. M. Faridhan ,Radiandan Nurjani. 2012. Pengaruh Umur Bibit Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi Varietas Inpara 3 Dengan Metode SRI Pada Tanah Aluvial. Pontianak.

Fita Anggraini1, Agus Suryanto, Nurul Aini. 2013. Istem Tanam dan Umur Bibit Pada Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.) Varietas Inpari 13. Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Jln. Veteran, Malang 66514, Indonesia.

Galih Angga Kusuma. 2015. Optimasi Pemupukan Nitrogen (N) dan Jumlah Bibit Pada Padi Tipe Baru Varietas IPB 3S. Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Gani, A. 2003. Sistem Intensifikasi Padi (system of rice intensification). Pedoman Praktis Bercocok Tanam Padi Sawah dengan Sistem SRI; 6 hlm. BPTPH Provinsi Jawa Barat.

Hasrizart, I. 2008. Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Padi Sawah (Oryza sativa L) Pada Persiapan Tanah dan Jumlah Bibit yang Berbeda. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Hermawati T. 2009. Keragaman padi varietas indragiri pada perbedaan umur bibit dengan metode SRI (system of rice intensification). Universitas Jambi.

Hesthiati dan Rawiniwati. 2012. Produksi Padi (Oryza Sativa L) Pada Jarak Tanam dan Jumlah Bibit Per Lubang Tanam Yang Berbeda Yang Ditanam Secara Organik Pada System Of Rice Intensification (Sri).

Husna, Y. 2010. Pengaruh Penggunaan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan 1 Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau 2 Dosen Fakultas Pertanian Universitas Riau JOM Faperta. Oktober 2015 dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Varietas IR 42 dengan Metode SRI (System of Rice Intensification). Jurnal Jurusan Agroteknik. Fakultas Pertanian. Universitas Riau.

I Nyoman Arnama. 2008. Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Padi Sawah (Oryza sativa L.) Dengan Variasi Jumlah Bibit Per Rumpun. Program Studi Agroteknologi Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin.Makassar.

Joko Susilo, Ardian dan Erlida Ariani. 2015.Pengaruh Jumlah Bibit Per Lubang Tanam dan Dosis Pupuk N, P dan K Terhadap Pertum Buhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) DENGAN METODE SRI. Jom Faperta. Jurusan Agrotegnologi. Fakultas Pertanian. Universitas Riau. Jln. HR. Sabrantas Pekanbaru

Mahrus Ali, Abdullah Hosir dan Nurlina. 2017. Perbedaan Jumlah Bibit per lubang Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Dengan Menggunakan Metode The System Rice Intensification. Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Surabaya. Jl. Ketintang Madya No VII/2 Surabaya.

Masdar. 2006. Pengaruh Jumlah Bibit Per Titik Tanam dan Umur Bibit Terhadap Pertumbuhan Reproduktif Tanaman Padi pada Irigasi Tanpa Penggenangan. Jurnal Dinamika Pertanian. Universitas Bengkulu.

Mintono, Didit Riancono, Evi Yanti, Maqfi Dwi Cahyo. 2016. Produktivitas Padi (Oryza sativa L.) VAR IR-64 Menggunakan metode System Of Rise Intensification (SRI) Dengan Beberapa Model Tanam (Tegel dan Legowo) dan Jumlah Bibit Per Lubang Tanam. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Sidoarjo.

Mubiar Purwasasmita, Alik Sutaryat. 2012. Padi SRI Organik Indonesia. Penebar Swadaya. Jakarta.

Napisah.K dan Ningsih.D.R. 2014. Pengaruh Umur Bibit Terhadap Produktivitas Padi Varietas Inpari 17. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Banjar Baru. Kalimantan Selatan.

Ridwan dan munir. 2002. Pengaruh Umur Bibit Pada Padi Sawah Pada System Tanam Pindah. Dalam Las, I, Et Al. (Penyunting). Prosiding Seminar Nasional Dalam Ketahanan Pangan dan Agribisnis 21-22 November, Padang.

Rahimi, Z. Zuhry, E. Nurbaiti. 2011. Pengaruh Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Varietas Batang Piaman dengan Metode System of Rice Intensification (SRI) di Padang Marpoyan Pekanbaru. Jurnal. Fakultas Pertanian. Universitas Riau.

Rahmat Hidayah, Jurnawaty Sofjan dan Wardati. 2016. Pengaruh Umur Bibit dan Pupuk N, P, K Terhadap Padi Varietas Ir 42 Di Lahan Pasang Surut Dengan Metode Sri Di Desa Kuala Mulya Kecamatan Kuala Cenaku. Rotechnology Departement. Agriculture Faculty. University of Riau Jl. HR. Subrantas Km 12,5 Simpang Baru. Pekan Baru.

Sauki A; Nugroho A. dan Soelistiyono R. 2014. Pengaru Jarak Tanam dan waktu Penggenangan Pada Metode SRI (System Of Rice Intensification) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman (Oryza sativa L.) Jurnal Produksi Tanaman.

W.D.Herawati. 2012. Budidaya Padi. Perpustakaan Nasional. Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

     

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.